22 May 2009

Irene Handono: Menyaksikan ‘Film’ Dirinya Saat Masih Non-Muslim


Katagori : Muslim Convert News
Oleh : Redaksi 22 May 2009 - 12:30 am


Allah memperlihatkan tentang jalan hidupku di masa lalu

'Itu bukan sebuah pikiran. Tapi sebuah film di depan mata saya tentang hidup saya sendiri. Semua lengkap, sangat jelas.'

Ketika menjadi mualaf pada 1983 lalu, mantan biarawati Irene Handono, menyimpan perasaan bahwa Allah tidak adil terhadap dirinya. Ia terus bertanya dan berusaha mencari jawaban mengapa ia dilahirkan sebagai non-Muslim. ''Kenapa saya tidak dilahirkan dari keluarga Muslim yang taat. Apa alasan Allah menjadikan saya sebagai mantan kafir,'' kata pemilik nama asli Han Hoo Lie ini.

Hingga 1991, pertanyaan itu belum juga terjawab. Jawaban akan kegelisihan hatinya baru muncul ketika menunaikan ibadah haji pada 1992. Wanita berdarah Cina ini berangkat haji bersama 400 orang jamaah reguler lainnya yang tergabung dalam kloter 18 dari Embarkasi Surabaya.

Di Tanah Haram, jawaban dari Allah itu didapatkannya. ''Ternyata Allah sayang kepada saya. Allah memilih saya menjadi salah satu hamba pilihan,'' ujar Irene saat ditemui di kediamannya, di Bekasi, beberapa waktu lalu. Ketika berada di Tanah Haram, Irene kerap mengalami peristiwa yang dinilainya luar biasa. Ia berkisah, ketika berada di depan Ka'bah, dirinya mengambil tempat garis lurus sejajar dengan letak Hajar Aswad. Ia sempat menggigit lidahnya untuk membuktikan jika dirinya tidak sedang bermimpi.

Pendiri Irene Center ini menuturkan, selama melakukan ibadah di Masjidil Haram, ia kerap diperlihatkan gambaran seperti sebuah film tentang kronologi hidupnya dari kecil hingga dewasa. Bungsu dari lima bersaudara ini tak kuasa membendung tangis. Ia bersedih melihat gambaran tentang dirinya ketika masih menjadi non-muslim. ''Itu bukan sebuah pikiran. Tapi sebuah film di depan mata saya tentang hidup saya sendiri. Semua lengkap, sangat jelas,'' ungkapnya.

Saat diperlihatkan Allah tentang jalan hidupnya di masa lalu, putri pengusaha ini pun ber - sujud dan melakukan muhasabah. Dari instro - peksinya, Irene mengikrarkan diri ingin me - wadahi para mualaf agar terus eksis di jalan Allah. Menurutnya, selama ini, tak sedikit mualaf yang dibiarkan dan tidak dibimbing hing - ga keimanan dan keislamannya tetap dangkal. Bahkan ada yang kembali menjadi murtad.

Di Tanah Suci, mantan mahasiswi Institut Ilmu Filsafat Theologi ini juga mengalami peristiwa luar biasa. Menurutnya, dari Muzdalifah menuju Mina, kelompoknya terpecah menjadi dua. Ada yang naik bus, ada yang harus jalan kaki. Ia pun mengalah memberi kesempatan pada jamaah tua untuk naik bus. Akhirnya ia berjalan kaki bersama rombongan yang dipimpin seorang ustadz dari kloternya. Namun tiba-tiba, jalan yang dilewatinya dipenuhi lautan manusia. Ia pun terpisah dari kelompoknya. Di tengah kebingung - annya, ia mencoba mencari jalan sendiri menuju pemondokannya di Mina sambil terus berdoa, dan bertawakal.

Untuk menutupi rasa haus dan lapar, wanita kelahiran Surabaya 30 Juni 1954 ini hanya meminum air zamzam yang ternyata mampu membuatnya sangat kenyang. Di tengah upayanya dan terus berdoa, tiba-tiba ia merasa ada yang menuntunnya menuju sebuah masjid. Setelah menunaikan shalat di masjid tersebut, ia pun bertekad akan melanjutkan pencariannya. Namun begitu keluar dari masjid, di pintu gerbang ia melihat pemimpin rombongannya. Ia pun akhirnya menuju pemondokan dan ternyata rombongan yang menggunakan bus belum tiba. ''Ini sungguh di luar nalar, tapi itulah kenyataannya. Saat kelompok yang menggunakan bus tiba, justru banyak yang sakit,'' ujarnya.

Air matanya kembali berurai ketika esok harinya, ia menggunakan bus dan melewati jalur yang ditempuh ketika ia tersesat. Ternyata selama ketika tersesat, ia mengitari Kota Mina. ''Tapi ketika saya berjalan kaki cuma setengah jam. Bayangkan mengitari sebuah kota hanya setengah jam, Masya Allah,'' ujarnya. Wanita yang sudah tiga kali menunaikan ibadah haji ini mengaku, ada banyak hal ghaib yang sulit dianalisisnya selama di Tanah Suci. Hal itu membuatnya kembali merenung dan menyimpulkan bahwa Allah Maha Kuasa atas segala (RioL)


52 comments:

Anonymous said...

Seharusnyalah kita mensyukuri...

Dan begitulah Allah SWT berkehendak dengan tangannya....

Dan dengan demikian kita dapat merasakan dan menjadi studi banding antara agama lama dengan agama Islam saat ini dan mensosialisasikannya pada umat.

Bukankah para sahabat Nabi SAW juga para mualaf , bahkan diantaranya mantan pembunuh kejam umat Islam ?

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

Yunus 99-100 : “ Dan jikalau Tuhanmu menghendaki, tentu beriman semua orang yang ada di muka bumi seluruhnya. Maka apakah kamu memaksa supaya mereka menjadi orang-orang beriman semuanya ?. Dan tidak ada seorangpun akan beriman kecuali dengan izin Allah dan Allah menimpakan kemurkaan kepada orang-orang yang tidak menggunakan aqalnya “.

Anonymous said...

Alhamdulillah , saya bisa baca catatan ibu Irene .
Makasih ia bu , dari tulisan ini saya bisa yakin kalau saya juga hamba pilihan Allah . Alhamdulillah saya mualaf juga . :)
Syukran .

Anonymous said...

Air Zamzam = Air PDAM made in Arab

albumku said...

Saya iri dan malu pada para mualaf yang memperoleh hidayah, tingkat pemahaman keagamaannya sangat tinggi jauh diatas saya yang ditakdirkan lahir sebagai Islam.

Ya Allah yang maha pemberi hidayah, berilah juga saya hidayahmu... seperti para mualaf itu.

Anonymous said...

Allah menurunkan mukjizat Al-Quran kepada MANUSIA.

artinya kita sendiri yg sebenarnya sudah harus menyaksikan hal itu.

jangan melihat para ulama dan pendeta yang jago2 berdebat. dari kedua belah pihakpun pasti mengalami kesalahan.

kesimpulannya, SURGA atau NERAKA bukan teka - teki buat manusia, Tuhan tidak akan menyiksa manusia dengan ketidak tahuannya.

Bagaimana caranya agar kita tahu?
Mengaji = Meng-KAJI AL-QURAN.

gak perlu kita seorang ulama atau lulusan pesantren.

DAN... LIHAT MUKJIZAT ITU SENDIRI!!!

Anonymous said...

Allah Maha Besar - Tuhan Yang Maha Esa.

Dia tidak hanya bicara dalam bahasa Arab.

Dia ada dimana mana tidak hanya ada di Timur Tengah

Dia tidak membeda-bedakan manusia berdasarkan gender dan jenis kelaminnya.

FYI:
Irene Handono tidak pernah menjadi seorang Biarawati, karna sumpah Biarawati tidak pernah dia ucapkan.
Dan orang Cerdas tidak pernah mengumbar kebodohannya.

Anonymous said...

Selamat Ya ibu irene... sekarang Anda Telah mendapat upah Kerajaan dunia yaitu Pujian, Hormat, Ketenaran dan UANG. Dan diakhirat nanti Andapun akan mendapat ganjaran... hanya Tuhan yang tahu, semoga

Anonymous said...

@kawan anynymous "nasrani" : yakini sj yg anda pegang dan biarkan B Irene Handono juga yakin yg ia pegang, masing2 telah memiliki jalan dalam berkeyakinan, dan tidak perlu dikomentari secara berlebihan. Lakuum Dinuukum Waliyaadien...

Anonymous said...

Hak setiap Orang untuk berpindah keyakinan, Tetapi jangan memojokan&menjelekan keyakinan yg sdh dia tinggalkan. Toh banyak seperti Irene yg menjadi mualaf..biasa saja. Kenapa dia harus bawa2 " Mantan Biarawati", tanpa pakai itu si Irene bukan siapa2, seperti yg lain. Nggak dikenal, Nggak Diundang u dakwah dll...jadi pastinya Dia hanya mencari Popularitas. Coba Tanggalkan nama "Mantan Biarawati"...toh sebenarnya dia Bkn Mantan Biarawati kok....wong Test Orientasi sbg Biarawati TIDAK LULUS. Jadi sebenarnya...itu bkn karena Hidayah tetapi pelarian. Kasihan banyak orang yg dibohongi karena Casingnya. Coba tanyakan dia itu sekolah Biarawatinya dimana, Ordonya Apa...kapan ditahbiskan...TUHAN Tidak Tidur....apa yg Irene lakukan u Kepentingan Pribadinya...akan terbukti seiring waktu berjalan. TUHAN Memberkati

Anonymous said...

IRENE HANDONO TERNYATA CINA ,PANTESAN ADA SISA2 BAU BABI

Anonymous said...

Bau babi masih lebih baik dari org kafir...bunda irene sabar ya...

RELOVE n REALITY said...

Assalamualaikum Wr Wb
Untuk semuanya, serahkanlah semua rahasia Ibu Irene kepada ALLAH, Tuhan Yang Maha Esa, Tuhan semesta alam.
Jgn terlalu berlebuhan dalam menanggapi sesuatu.
ALLAH memerintahkan kita untuk selalu berbaik sangka kepada siapapun.
Wassalamualaikum Wr Wb

laily-masruroh said...

Ya kita pegang aja ini:
Yunus 99-100 : “ Dan jikalau Tuhanmu menghendaki, tentu beriman semua orang yang ada di muka bumi seluruhnya. Maka apakah kamu memaksa supaya mereka menjadi orang-orang beriman semuanya ?. Dan tidak ada seorangpun akan beriman kecuali dengan izin Allah dan Allah menimpakan kemurkaan kepada orang-orang yang tidak menggunakan aqalnya “.
Orang kafir biarlah tetap kafir. Karna Alloh SWT berkehendak mereka tetap kafir. Dalam ayat-ayat Al-Qur'an sudah dijelaskan berkali-kali bagaimana Alloh SWT membuka maupun menutup hati ummat.

Anonymous said...

Pengumuman : buat semua pembaca pots ini,harap diketahui bahwa IRENA HANDOKO belum pernah menjadi biarawati dan saat ini kemualafannya dipertanyakan oleh ARIMATEA == ARIMATEA VS IRENA HANDOKO ---->
Nasrani difitnah menyusupkan Irena H ke islam (dasar tukang fitnah !! )

Anonymous said...

Biarkan dia sesat..tohh kalau sudah saatnya akan tahu siapa Yesus itu..dan tunggu saat hari penghakiman siapa yang "menghakimi" kalau ga Yesus sendiri sudah terwahyukan dalam Quran dan Injil....dan kitab2 lain.
GBU

Anonymous said...

Biarkan dia sesat..tohh kalau sudah saatnya akan tahu siapa Yesus itu..dan tunggu saat hari penghakiman siapa yang "menghakimi" kalau ga Yesus sendiri sudah terwahyukan dalam Quran dan Injil....dan kitab2 lain.
GBU

Anonymous said...

Islam itu agama Akal2an ....katanya terakhir tapi dalam isinya dianggap agama duluan..
1.tidak mau dianggap paling jelek.
2.dari Adam - Yesus Di aku sudah masuk Islam.
3.Masuk akal tidak Yesus mati di salib Versi Nasrani dan katanya Islam Yesus di selamatkan (duluan mana kejadiannya)
4.Yang di kurbankan itu Ismail apa Iskak ngakunya Ismail ( anak Nakal )
5.Islam itu mau menghancurkan semua simbol keparcayaan lain biar dia di anggap paling benar sendiri. ( patung Budha di Afganistan ) mungkin setelah ini Yerusalem tempat nya Yesus dan dia anggap tempat sucinya si Mamat ( katanya )
6. Kita itu meng"ESA" Allah yang menciptakan alam semesta dan MAHA2 NYA ,mau berubah jadi 100,1000,5000 kamu sebagai manusia jangan sok tahu/ngatur DIA yang serba MAHA MULIA dan segala kebaikan.

Anonymous said...

mau jadi islam kek mau kembali jadi katolik kek, sebodo amat.
Cuma Irene gitu lho
Lah kalau besuk lusa irene balik lagi ke katolik, apa islam menjadi agama sesat? Jangan salah broery pernah begitu, dan ada banyak lagi yg lainnya.

Kebenaran suatu agama bukan, sekali lagi bukan ditetukan oleh banyaknya mualaf atau murtadin. Tetapi oleh pengakuan yg kuasa, bahwa dia berkenan akan persembahan agama tsb. Kapan kita tahunya? Ya nanti di hari akhir.
Sekarang?
Kenapa sekarang tdk berlomba2 mencari kebaikan? Mencari Perdamaian? Mencari fitrah yg fitri?
Irene mau memilih islam ya monggo saja, saya islam tdk menjadi tersanjung karenannya. kalau boleh saya bilang, saya malah jijik.

Anonymous said...

Siapapun Anda,,tidak ada agama di dunia ini yang mengajarkan kejahatan,adu domba,fitnah dan lain2..
Semua agama pasti mengajarkan kebaikan,,agar tercipta kedamaian dan ketentraman di bumi ini,,
Jadi tolong lah jangan lagi saling mencela,mengejak atau sebagainya,,
Yakini apa sudah menjadi keyakinan Anda semua,,
Mari kita sama2 berlomba berbuat baik,dan membasmi kejahatan..
Semoga akhirnya nanti kita semua bisa merasakan kabahagiaan di dunia dan di akhirat,,
Wallahualam bisshawab

pury siswokarsono said...

Kodrati
merujuk tulisan Anonymous
Siapapun Anda,,tidak ada agama di dunia ini yang mengajarkan kejahatan,adu domba,fitnah dan lain2..
Semua agama pasti mengajarkan kebaikan,,agar tercipta kedamaian dan ketentraman di bumi ini,,
Jadi tolong lah jangan lagi saling mencela,mengejak atau sebagainya,,
Yakini apa sudah menjadi keyakinan Anda semua,,
Mari kita sama2 berlomba berbuat baik,dan membasmi kejahatan..
Semoga akhirnya nanti kita semua bisa merasakan kabahagiaan di dunia dan di akhirat,,
Wallahualam bisshawab

kebhagiaan dunia dan akhirat? akhirat?akhirat? yang dunia gampang,orang tak usah rajin ibadah,bahkan kafir,kalau tidak melawan hukum dan tak pernah berbuat salah pasti bahagia di dunia ini karena sifat Rahman-NYA ALLAH, tapi Rohim = kasih sayang , hanya berlaku bagi yang tertentu yang beriman kepada ALLAH dan tidak menyekutukan,tidak kafir, orang beriman sesuai Kepada Tuhan Allah YMEsa tentu kalau berbuat kebajikan beroleh pahala, kalau orang merasa beriman kepada tuhan tapi salah alamat tuhan yang mana, jika berbuat kebajikan sekalipun pahalanya hanyalah thank you dari sesama, bgmana mendapat akhirat?

Anonymous said...

Sungguh saya TIDAK MENGERTI saat membaca paragraf awal beliau mengatakan " Mantan Kafir" . Pakah itu bermakna dia menghakimi Kekristenan dengan terminologi KAFIR. Tampaknya beliau ini mengalami luka bathin atau kebencian spiritual terhadap non muslim. Ungkapannya tentang "kafir" menunjukkan tingkat pemahaman yang sangat cetek dan sempit,hanya berdasarkan ego dan subjek yang kabur.

Maaf. Dia bukan contoh yang baik.

Bambang Theo
baliland@mail.com

Anonymous said...

Saya sangat menghormati keluarga saya kaum muslim yang juga satu samawiah dengan nazran. Saya juga mengakui bahwa Nabi Muhammad SAW adalah utusan Allah. Namun Demikian apa yang saya baca, dengan dan telaah dari Ibu Irena hanyalah merupakan wahana pribadi dan tidak mewakili kesejukan ummat beragama.

Matur nuwun dumateng sedoyo kulowargo Muslim ingkang sampun dados pinayunganioun sesamaning ummat .

Bambang Theo
baliland@mail.com

Anonymous said...

:::::::::::::::::::::::::;;;
saya dari waktu SD,SMP bahkan SMA
selalumu mendapat kelas yang teman2 saya menganut 50% islam 50% kristen
::::::::::::::::::::::::::::
qt dalam kelas bisa rukun dan saling menghargai satu sama lainnya::
:::::::::::::::::::;;;;;;;;;;
kenapa harus dipertentangkan
:::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::
coba anda sekalian berfikir, umpama kalian itu waktu kecil dibuang di hutan dan teryata anda smua dapat tumbuh besar karena tidak sengaja ada kera ataupun orang hutan ataupun monyet yang membesarkan anda//////

terus apa iya kalian mengenal agama, mungkin kalian kenal hanya bersukur kepada sang pencipta yang menciptakan alam,,,,,,,,

m:::::::::::::::::::::::
masalah agama merupakan masalah kenyakinan dari hati.....
"""""""""""""""""""""""""""
Menurut ajaran masing-masing agama, Pengadilan Terakhir adalah urusan Tuhan, dan bukan urusan manusia, tidak peduli apakah mereka Kristen, Muslim atau Yahudi.
::::::
jadi bersabarlah menanti hari akhir

Anonymous said...

menjelek-jelekkan orang, agama, ideologi orang lain itu perbuatan buruk dan nista. pelajaran bagi orang yang matanya melek dan masih punya hati nurani, jangan bohong, apalagi tentangmasa lalumu. bohong tentang masa lalu termasuk penyakit kejiwaan, biasanya diidap oleh orang-orang yang disebut ada pada kondisi histrionik, narsisist, dan borderline. itu saja. silahakan pikir sendiri tentang ibu irene ini. omongannya banyak dustanya.fact : dia janda dengan 4 anak sebelum mualaf karena mau kawin lagi. janda dengan empat anak berarti bukan biarawati. orang bodoh juga tahu itu, kan?

Anonymous said...

Aku punya punya niat mau masuk islam karena mau cari ketenangan, setelah lihat dengar kotbah ibu irene aku jadi bimbang, kuatirnya nanti aku jadi seperti dia, bukannya dapat ketenangan batin malah berapi-api merencanakan kata-kata hujatan, hinaan begitu.Ah ya sudah daripada dapat hidayah tapi malah suka bohong ( bohong soal jati diri dan masa lalu tetap bohong juga, kan?), mending saya batal aja niat saya, ga dapat hidayah gpp juga kali. saya tenangkan bathin, akan cari pegangan dengan tenang.

adit said...

Ini org yg menjelek2kan ibu irene saya yakin orgnya sama semua... Pastinya dia orang kristen yg ketakutan dengan pengakuan2 ibu irene handono, gaya bahasanya sama semua... Jelas aja dari org yg sama. Org yg islamphobia yaitu org yg ketakutan dan parno melihat perkembangan islam akhir2 ini... Satu ucapan dari saya KSIAN DEH LO!!!!

ksian deh lo said...

Kpentingan amat lo... Mo masuk islam kek mo masuk jurang kek masa bodo hahahahaha aneh, lo pikir gara2 lo batal masuk islam semua dunia bersedih trus tuhan turun tahta? Ngaca dong sapa elo!!!! EGP

kristenisasi dgn cara licik dan picik said...

Ksian ya ada yg kebakaran jenggot melihat perkembangan islam akhir2 ini... Hati2 buk/pak ntar struk lo!!! Wkwkwkwkwkwkwk mo lo menjelek2kan islam gimanpun juga ga ada yg ngaruh tuh ama pemikiran bodoh lo... Ksian ya capek2 nulis ga ada yg ngubris... Kalo gw sih EGP

cangcut yesusu said...

Ada ya hakim pake kolor doang? Ngakimin org yg nyalipnya aja dia ga sanggup apalagi menghakimi umat manusia... Gw ga percaya yesus tapi gw percaya pada nabi isa almasih yg akan membinasakan dajjal di hari akhir nanti bukan menghakimi, karna hanya Allah lah yg berhak menghakimi manusia di akhirat nanti bkn manusia seperti yesus

Anonymous said...

Daripada elo bau BANGKE BABI

Anonymous said...

Sudah beberapa hari ini saya membaca banyak artikel tentang Islam-Kristen.
Rasanya sedih sekali kenapa agama didialogkan tetapi yang saya baca kebayakan saling merendahkan/menyinggung hati bukan pemahaman, pengertian apalagi penerimaan adanya perbedaan agama.

Saya Katolik, kadang ada ayat dalam kitab suci Injil yang sulit saya mengerti begitupun ayat dalam Al'quran. Terus terang saya bukan orang yang rajin membaca kitab suci. Saya hanya berpegang cinta kasih kepada semua orang. Entah itu sesama agama, penganut agama lain maupun yang tidak punya agama sekalipun. Apalagi sekarang saya tinggal dan hidup di negara yang disebut tidak beragama.
Sebelum saya tinggal di Jepang, dalam bayangan saya orang yang tidak beragama bisa berbuat semau sendiri, tidak takut neraka.
Tapi setelah bergaul dengan mereka saya merasa kadang mereka lebih bijaksana. Saat ada bencana mereka membantu dengan senang hati, ada juga dokter maupun ahli pertanian ataupun bidang lain membantu masyarakat di Afrika atau pegunungan negara lain, dll..dll... TANPA PAMRIH. Kalau saya mungkin membantu agar dapat pahala masuk surga. Rasanya bantuan saya menjadi tidak tulus. Lalu saya mulai berfikir, siapakah orang yang boleh masuk surga? Saya yang rajin berdoa tetapi membenci agama lain ataupun kafir, dan saya yang banyak berderma untuk menyenangkan Tuhan bukan karena tulus hati?

Kemudian saya mendengar, membaca isi ke2 kitab suci yang kadang isinya bertentangan. A mengatakan B palsu atau sebaliknya. Kalau ada yang palsu, pasti ada yang asli tetapi saya pikir siapa yang bisa membuktikan keasliannya? Bagaimana kalau yang dituliskan di kitab asli juga palsu?
Saya percaya Tuhan itu 1, tetapi siapa yang tahu pasti? Ini hanyalah kepercayaan. Karena dengan keesaannya bisa menjelma menjadi siapa saja. Ada yang masuk akal, ada yang tidak.

Ketika suatu negara kena bencana, orang berkata "itu hukuman dari Tuhan" atau "Itu cobaan". Orang yang tak beragama berkata "itu alam".
Kristen bersorak ketika Muslim masuk ke agamanya, begitupun sebaliknya. Kristen sedih ketika anggotanya ada yang masuk Islam, begitupun sebaliknya.
Saya pernah berfikir, bagainana seandainya saya pindah agama. Tentu orang tua saya sedih & malu. Kalau saya membuat orang tua saya bgitu, artinya saya berdosa.

Saya jadi bertanya, bagaimana hati Tuhan. Senangkah melihat manusia saling membenci, salik tarik-menarik untuk Tuhan? Apalagi kalau sampai membunuh?

Menurut saya, agama hanya untuk manusia agar kita bisa menjadi manusia yang lebih baik. Kitab suci kita pelajari agar kita bisa meniru tingkah laku para nabi. Kalaupun ada tingkah laku beliau para nabi yang tidak sesuai menurut saya ya...tidak usah ditiru. Nabi juga manusia.

Tuhan Yesus mengajarkan kalau pipi kita ditampar, kita berikan pipi yang lain. Jadi sangat menyesalkan kalau ada umat Kristen yang mengomentari agama lain dengan tidak sopan, menyakitkan hati termasuk sejarah masa lalu perang salib maupun penjajahan.
Memang susah sekali mengikuti suatu ajaran secara benar 100%. Apalagi isi kitab suci yang transparan atau puitis, bisa macam-macam tafsirannya.

Anonymous said...

Juga ajaran cinta kasih. Saya pikir Tuhan Yesus mengajarkan cinta kasih untuk semua orang. Menurut penerimaan saya, saya harus mencintai setiap orang. Kalau ada yang salah saya harus memberi tahu tanpa menyinggung perasaan.

Ada ajaran hanya melalui Tuhan Yesus, masuk surga. Menurut saya pribadi bukan berarti hanya orang yang masuk Kristen masuk surga. Yang memberi nama Kristen, Islam atau apapun menurut saya adalah orang. Orang non Kristen bahkan yang tidak percaya agama sekalipun kalau bertingkah laku yang baik mengikuti ajaran Kristus, mereka juga bisa masuk surga. Orang tidak beragama, tidak berdoa tetapi setiap sikap dan tindakan yang baik lebih dari doa.
Doa bukan untuk Tuhan tetapi untuk manusia. Saya merasa tenang, tenteram dan terlindungi setelah berdoa. Tuhan sendiri Maha Besar bukan raja yang suka dipuji ataupun disembah.
Saya bayangkan cinta Tuhan sangat besar. Juga Maha pengampun.
Ketika saya mendengar penjahat dihukum mati saya sedih. Betapapun jahatnya, suatu saat mungkin bertobat. Kalau dibunuh, kesempatannya habis. Nyawa bukan punya manusia, sesuci apapun dia.

Itulah mengapa sedikitpun saya tidak ada hati untuk pindah agama ataupun ingin orang lain masuk ke agama saya. Kalau ada orang yang masuk ke agama saya, saya akan membayangkan sedihnya kluarga mereka yang menganut agama sbelumnya.

Yesus itu Tuhan atau nabi atau orang biasa yang kebetulan disebut Tuhan atau nabi, bagi saya tidak penting. Saya bersukur karena apa yang ada di dalam kitab suci tentang beliau itu baik menurut saya dan saya inginmengikutinya.

Di Jawa kita mengucapkan Gusti. Itu sebutan utk Tuhan saat kita berdoa, bisa juga utk pangeran/raja(manusia). Saya tidak memasalahkan sebutan. Tuhan, Lord, God, Allah, Alloh hanyalah bahasa manusia untuk menyebutnya. Mungkin sbetulnya Tuhan punya nama sendiri.

Ini hanya pandangan dan perasaan saya pribadi. Tentu berbeda dengan orang lain. Mungkin hanya doa Kristen yang diterima Tuhan, mungkin hanya doa orang Muslim. Mungkin tidak keduanya...mungkin...mungkin yang lain. Hanya Tuhan saja yang tau.
Kalau seorang Kristen merasa hanya Kristen agama Tuhan pasti dia ingin umat lain masuk ke agamanya karena dia merasa kasihan kepada penganut lain kalau masuk neraka. Kemudian ada hati ingin menyebarkan, ingin memberitahukan kelebihan dan kebenaran agamanya begitupun Islam. Jadi dialog agama pada akhirnya hanya pertentangan bahkan pertengkaran karena masing-masing merasa agamanyalah yang benar.

Maafkan pendapat saya ini, yang pasti menyinggung banyak orang di kedua pihak.

Johan Wakkary said...

kalau berdiskusi harap jangan pakai kata2 kasar...

Anonymous said...

Saya sering baca tafsiran pendeta atau pastur mengenai kata2 Yesus sebelum ditangkap dalam Mat 19:30 tentang 'yang terdahulu akan menjadi yang terakhir,dan yang terakhir akan menjadi yang terdahulu'. Kebanyakan tafsiran itu tidak menemukan titik temu yg logis untuk dinalar. Padahal asal anda semua tahu, bahwa disitulah letak nubuat Yesus akan kedatangan Nabi Muhammad SAW. Saat itu waktu Yesus sgt terdesak,shg dia tdk sempat menjelaskan secara rinci siapa yang dia maksudkan. Padahal kalau kita mau teliti, yg dimaksudkan 'yang terakhir akan menjadi yang terdahulu' adalah ummat Rasulullah Muhammad SAW. Sbg ummat terakhir, dan ketika di akhirat nnti memperoleh prioritas untuk memasuki surga yang pertama kali. (INI SAYA MENJAWAB PERNYATAAN DI ATAS YG BILANG 'ISLAM MEMAKSAKAN UNTUK JADI YANG UTAMA'. PADAHAL BIBLE SENDIRI JELAS BERKATA DEMIKIAN)

Sura Gaduh said...

Yang Jelas semua akan merasa Superior, gak ada pengikut Agama yg bilang agamanya Jelek, semua mengaku yg terbaik. dan menyangkal keberadaan yang lain dan bila perlu Agama lain diBINASAKAn saja, pemikiran kaum agama hanya seputar itu saja, mereka hanya berkutat pada jual beli SURGA, SURGA dibayar dengan perbuatan BAIK, padahal GAk ada yang NAMANYA SURGA, No heaven No hell, 100% itu gak ada, itu cuman dongeng!!! DONGENG SAJA!!! saya heran MENGAPA bnyk orang percaya SURGA NERAKA, kl di dalam FILOSOPHY YOGA JELAS SEKALI BAHWA SURGA DAN NERAKA ITU TIDAK ADA (NA SVARGA NA RASATALAH). BAIKNYA HENTIKAN JUALAN SURGA, LEBIH BAIK JUALAN NASI GORENG SAJA!!!

Anonymous said...

Wahai muslimin dan muslimah,

Sampai saat ini belum ada orang seorang ulama apalagi orang muslim biasa yang bisa memberi jawab kepada kita mengenai tunduhan kita bahwa Muhammad adalah:
1. pembunuh
2. pemerkosa
3. sex maniac
4. perampok
5. pedofil
6. pembohong
7. orang gila atau sinting
8. pemalas
9. tidak tahu berbalas budi
10. orang yg tidak menghormati orang tua


ayo, diantara para muslim yg bisa memberi jawab, aku menantang kalian untuk berdialog di website www.faithfreedom.org baik dalam english ataupun indonesia. Bagi siapa yg mengaku dirinya adalah muslim sejati seharusnya dapat membela muhammad, nabi yang gila sex, anak kecil siti aisah yang berusia 9 tahun pun tidak diampuni dan digauli sungguh biadab...gak tahu saat mengauli siti aisah sakitnya seperti apa....hik hik hik....kasihan sekali!

regards
ali pembela kebenaran

Anonymous said...

Pelajari Quran harus dari sisi Allah, karena akan menemukan banyak pertentangan didalamnya..
Apa maksud ayat tsb dlm Quran?
ingin penjelasan dari kaum yang berfikir.. sebagai awalan jelaskan dulu apa maksud di sisi Allah.. trims

Anonymous said...

Bu Irene..
sy mau menyampaikan pesan kepada Ibu, jadilah seorang muslimah yg baik.. jangan memutarbalikan agama lain. Ajarkan umatmu dengan Kitabmu sendiri, jgn putarbalik kebenaran dalam Alkitab, yg sebenarnya Bu Irene tidak lulus didalamnya.
Ada teman kantor saya yg begitu getol merendahkan, bahkan menertawakan Alkitab, dan ternyata saya tau dia pengikut anda Bu Irene.
Tolong mulai sekarang jadilah Muslimah sejati.

Nazir Achmad said...

assallamualaikum wr wb
bu irene...
kita bisa lihat apa pendapat masyarakat sekarang ketika ibu mulai ber da'wah...sudah menjadi satu sunnatullah orang yang berda'wah selalu ada yang pro dan ada yang kontra..kita lihat ketika nabi saw sebelum beliau ber'dawah semua masyarakat sekelilingnya memujinya,bahkan beliau diberi banyak gelar karna kebaikannya,tetapi ketika beliau mendapat perintah dari ALLAH untuk berda'wah mulai banyak manusia yang meragukan bahkan memerangi beliau..hakekat nya semua nabi yang Allah turunkan pasti dan pasti banyak yang menentang..maka dengan banyaknya fitnah kpd ibu itu semata" ujian ketaqwaan dari Allah..apakah dengan banyaknya fitnah seorang hamba masih taat atau malah keliru??!!Ulama katakan jika ada seseorang yang berda'wah kepada kebaikan namun semua orang menyetujuinya maka patut dipertanyakan apa yang ia da'wahkan!!!
sabar bu...buat orang yang fitnah ibu itu urusan Allah..yg jelas Rasul saw katakan diakhir zaman nanti ada suatu masa dimana umatku memegang agama seperti menggenggam bara api...jadi lanjutkan da'wah kpd kebaikan...
buat yang mengkritik coba anda kritik diri anda dulu...sudah sejauhmana ketaqwaan kita??!!sehingga dengan mudah menilai orang lain??!!orang yang sibuk memperbaiki diri orang lain maka Allah akan membuat ia lupa untuk memperbaiki dirinya sendiri!!!
perbaiki diri sendiri itu lebih baik dimata Allah...perkara inu irene bohong atau tidak itu urusan Allah karna setiap perkataan itu akan dipertanggung jawabkan dimata Allah!!!hargai kebaikan orang lain walaupun hanya satu senyuman!!!! orang shalih selalu merasa dirinya salah tetapi orang salah selalu merasa dirinya sudah shalih sehingga mereka selalu melihat keburukan orang lain!!!
buat yang diluar agama islam...tolong jangan menghina islam!!!jika ada kesalahan padaku maka salahkan aku jangan salahkan agamaku!!!nabi saw pernah memberi pesan kpd sahabatnya bahwa barang siapa yang menyakiti umat nasrani,yahudi maka sama dengan menyakitiku!!!nabi kami menghimbau untuk tetap hormat,menghargai,menyayangi walaupun itu orang kafir!!!jadi jika ada umat islam yang tidak menghargai anda maka anda salahkan manusianya jangan salahkan agama islam!!!karna manusia itu letaknya kesalahan...mohon maaf bila ada perkataan yang tidak berkenan

wassallam...

Nazir Achmad said...

indahnya islam buat orang yang berfikir...
anda bilang bahwa surga dan neraka itu tidak ada??!!semua agama itu menghimbau untuk manusia agar mempercayai gal yang ghoib...
surga dan neraka tidak terlihat sebagaimana udara yang anda hirup!!!apakah anda bisa memperlihatkan kpd smea orang bagaimana bentuk udara???bagaimana bentuknya sakit??semua bisa dirasakan namun tidak bisa diwujudkan!!!apakah anda pernah berfikir siapa yang membuat akal anda??lalu siapa yang menjalankan akal anda??manusia semua diberi akal,ditempat yang sama dikepala manusia!!namun ada yang bisa digunakan dan ada yang tidak!!agama itu ghoib ketika anda tidak mengenal Allah!!!temukan dirimu maka engkau akan menemukan Allah!!!disitulah anda bisa tau dimana itu surga dan dimana neraka!!!uang tidak membutuhkan manusia sebaliknya manusia yang membutuhkan uang!!! Allah tidak butuh anda tetapi anda yang membutuhkan Allah!!!agama itu jalan hidup,tujuan hidup!!!banyak orang yang tidak tau kemana arah hidupnya karna tidak ada agama dalam hatinya!!!hati bisa merasakan apa itu cinta tetapi apakah anda bisa mewujudkan mahluk yang namanya cinta??!!!

indahnya islam buat orang yang berfikir...

Nazir Achmad said...

Rasul saw bersabda temukan dirimu maka kau akan menemukan Allah!!!!
islam dan sunnah nabi muhammad saw bukan untuk diperdebatkan tetapi untuk diamalkan...sejauh mana anda mengamalkan sunnah nabi muhammad saw maka semua pertanyaan anda akan terjawab!!!sejauh mana ketaqwaan anda sejauh itu pula anda mengenal muhammad...bersyukur anda banyak pertanyaan dalam diri anda karna saya pun dulu ada di posisi anda bahkan lebih buruk dari anda...cari,perjuangkan,usahakan dimana letaknya kebenaran baru anda akan menemukan semua pertanyaan anda....
surga itu dibuat oleh Allah untuk semua manusia kecuali yang enggan!!!

Nazir Achmad said...

“Dunia adalah tempat yang licin dan menggelincirkan, rumah yang hina, bangunan-bangunanya akan runtuh, penghuninya akan beralih kekuburan, perpisahan denganya adalah sesuatu keniscayaan, kekayaan di dunia sewaktu-waktu bisa berubah menjadi kemiskinan, bemegah-megahan adalah suatu kerugian,maka memohonlah perlindungan Allah SWT, terimalah dengan hati yang lapang segala karunia-Nya. Jangan terpesona dengan kehidupanmu di dunia sehingga meninggalkan kehidupan akhirat. Ketahuilah, “sesungguhnya hidupmu didunia akan sirna, dindingnya juga miring dan hancur, maka perbanyaklah perbuatan baik dan janganlah terlalu banyak berangan-angan.”

orang pintar selalu merasa dirinya paling bodoh..orang bodoh selalu merasa dirinya paling pintar

orang yang selalu sibuk memperbaiki diri orang lain maka allah akan membuat ia lupa untuk memperbaiki dirinya sendiri!!!

Orang yang sengsara adalah orang yang
mengikuti hawa nafsunya Barangsiapa mengenal dirinya, ia tidak akan melihat
selain Allah swt. Barangsiapa tidak mengenal dirinya, ia tidak akan melihat Allah swt.
Orang yang arif melihat aib-aib dirinya; sedang orang yang lalai melihat aib-aib orang lain

Anonymous said...

assalamualaikum
salam sejahtera semuanya
saya muslim dan sebentar mampir di blog ini baca semua komen
ada yang bagus ada yang cuma pake emosi tapi kita semua harus bersyukur entah kristen atau islam
kita percaya surga dan neraka dan juga hari akhir
sekian dan terimakasih

Anonymous said...

assalamualaikum...

saya ingin mnjawab pertanyaan org ini...
""Sampai saat ini belum ada orang seorang ulama apalagi orang muslim biasa yang bisa memberi jawab kepada kita mengenai tunduhan kita bahwa Muhammad adalah:
1. pembunuh
2. pemerkosa
3. sex maniac
4. perampok
5. pedofil
6. pembohong
7. orang gila atau sinting
8. pemalas
9. tidak tahu berbalas budi
10. orang yg tidak menghormati orang tua""

yup, malu bertanya sesat dijalan. apalagi kalau anda bertanya pda org yg tak tahu arah jalannya pula. ini prumpamaan yg pas untuk anda. dan jika anda ingin mngtahui jwban atau anda tidak berniat mngtahui( kukuh atas pndirian anda akan tduhan cela trsbut kpd nabi muhammad?). bukan maksud saya, saya adlah org serba tahu. bukan, saya hanya mnusia biasa yg tak luput dari dosa.

lngsung saja
nabi muhammad mnikahi byk istri karena ada alasannya. bukan atas ksenangan semata. aisyah binti abu bakar di nikahi muhammad karena
diberi perlindungan, karena saat itu aisyah dilamar oleh al-mut'im bin adi untuk dijodohkan dgn anaknya yg brnama jubair yg ktika itu masih musyrik. dan perlu diktahui bahwa rasul memang mnikahi aisyah kecil saat brusia 9 tahun, namun di usia sgitu rasul hanya memperlakukannya sebagai anak-anak biasa=diajak bermain.


smoga org yg brtnya ini dpat mlihat dan mmbaca jawaban saya ini. saya juga berharap smoga kita semua trutama kaum muslim diberikan jalan yang lurus, slalu diberi hidayah, dijauhkan dari kesesatan jalan. aamiin.. saya mhon mav apbila skiranya ada kata2 yang kurang mngenakkan hati.. saya juga mnusia yg pasti tak luput dari ksalahan, jadi mavkanlah skli lgi bila ada hal2 yg kurang brkenan.

wassalam

weny ramdiastuti said...

saya juga mualaf. alhamdulilah saya sudah hajah. tapi insya allah saya tidak pernah dan tidak akan pernah menjelek-jelekkan agama di luar yang saya anut sekarang ini.
sadarlah hj irene handono

Islam Sejati Allah said...

saya mau tanyakan kepada penulis blog atau ibu irene sendiri

Apakah diajaran agama kita terdapat ajaran mengenai larangan terhadap agama lain dalam beribadah?

bukankah
Rasulullah SAW bersabda: “Orang yang mengasihi akan dikasihi oleh Yang Maha Pengasih. Kasihilah siapapun yang di atas bumi, maka engkau akan dikasihi yang ada di langit…”

mohon pencerahan. terimakasih

Allahuakbar !

Issabella Helena Kartika Andrini Yohanes said...

ampuni dosanya ya Tuhan, dia tidak tahu apa yang ia perbuat

Anonymous said...

Iblis menang ...umat ALLAH saling baku hantam....

Anonymous said...

pesan muhammad saw sampaikan walau sepotong ayat nah ayat lazimnya
surah Al ikhlas
katakanlah wahai Muhammad(jika umat mu manusia bertanya tentang siapa tuhan mereka yakni Allah)
terjemahannya
Allah itu esa yakni satu.
Allah tempat seluruh mahluk ciptaan
berlindung bergantung harap memohon meminta berserah dan beriman.
Allah pencipta bukan beranak
dan tak perlukan anak
Allah pencipta bukan di cipta
atau di lahirkan seperti ciptaannya

Allah tiada apa jua setanding dan menandinginya Allah maha megaaaaaaaaaaaaaaa hebat

inilah kesimpulan dari
Firman Allah yang di wahyukan pada rasulnya saw

maka dengan ini barang siapa
menyembah selain darinya telah melakukan syirik yakni melakukan
dosa yang amat megaaaaaaaaaaa
dan janji Allah benar tidak terampun kecuali mereka yang mendapat hidayah dan bertaubat
kembali berikrar yakni 2 Sahadah
Allah Tuhan sekalian Alam
Muhammad Rasul terakhirnya,
setelah rasul isa. so simple misi is complete,islam kita ada bersama rasul di akhirat nanti kita tidak hilang apappun,kami juga cintakan jesus or isa dan mendapat syafaat rasul termulia,Muhammmad saw siapa kata kami rugi renungkanlah
kami adalah kesinambungan misi jesus or nabi isa atas perintah Tuhan,setiap ibadat perintah Allah dikira pahala dari sekecil biji sawi hingga sebesarnya di audit,begitulah perlakuan dosa
juga di audit,akan di adili layak kesyurga syukur atau transit ke neraka nauzubillah minta di jauhi,namun ilmu Allah luas marilah kita memahaminya tak kira siapa andai anda mengaku keturunan adam,jangan tunggu hari qiamat kecil apakah dia qiamat kecil itu betul kata anda ,nafas terakhir yakni mati,pintu taubat tertutup sudah,dengan pertanyaan di alam kubur siapa Tuhan mu,siapa nabimu
andai anda salah jawab akan dihentam dikepala hingga terbenam 70 hasta berulang kali,roh dan jasad khas di alam kubur.itu rahsia Allah,kenapa tak tahu bukankah Allah telah mengutus Rasul pada kamu,kamu tak yakin bukankah telah di sertakan kitab Alquran padanya sebagai bukti bersama cabaran dari Tuhanmu yakni datangkanlah sebuah kitab yang sama atau serupa,jika tak mampu gubahkan sebaris paling kurang satu ayat yang menyamai kesempurnaan kitab kami....itulah cabaran Tuhan,kalau tak yakin sila sahut cabarannya pada yang angkuh silalah buat kitab sendiri dan katakan kualitinya di laman sosial ini agar dapat di nilai....assalam Allahu Alam berpesan dalam keuntungan dan kebaikkan,sebelum kata tak setuju sahut dulu cabarannya ini pesanku bye

Anonymous said...

sy nasrani. sy prihatin dgn dialog ini. tapi untuk semua yg dikupas diatas, biarlah menjadi pembelajaran bersama karena bayi manusiadidilahirkan ke dunia tidak meminta dilahirkan agama a, b, c dst, jadi perbanyaklah kebaikan selama masih ada di dunia ini, sebagai bekal kelak kita nanti mati. saudara saudara semua ambil lah cermin kita masing masing, dan ucapkan sekeras kerasnya sudahkah diriku ini benar?? stop menghujat agama. terima kasih mohon maaf kalau saudara tidak berkenan dengan pendapat saya.

Anonymous said...

Si anonymous itu orang yang tidak yang mempunyai pendirian .... paham nya salah bukan salah paham .... kebenaran itu mutlak milik ALLAH namun kita di wajibkan untuk berijtihad ... bagaimana kita harus berijtihadnya tentu nya pertama tama kita harus beriman dan bertaqwa serta carilah ilmu sehingga dengan ilmu keimanan dan ketaqwaan kita meningkat begitu juga sebaliknya
Seorang pendeta bertanya kepada
nabi muhammad siapa di antara kita
yang akan masuk surga nabi menjawab itu hak ALLAH hanya ALLAH yang berhak ... ini menandakan rendah dirinya seorang nabi yang sudah tentu di jamin oleh dan di utus oleh Allah ..... kenapa kita sok tau kenapa kita sok bodoh kenapa kita sombong kenapa kita sok licik kenapa kita sok .....? Seorang nabi pun hanya mendekati kebenaran saja tidak memegang kebenaran karena kebenaran mutlak hanya milik Alloh, apa lagi kita bukan utusan Alloh ... lakukan apa yang di larang dan diperintah oleh Alloh .....

Anonymous said...

Allah Maha Segalanya bahkan Alam semesta diciptakaNya dari Tiada menjadi Ada, maka Kalau Allah mau menjadikan Manusia Seiman dan se Aqidah di dunia ini tetntu bukan perkara yang Sulit Bagi Allah,,kalau Allah sendiri memberikan kebebasan terhadap ciptaan untuk memilih kepercayaan nya tetntu Allah punya Rencana tersendiri.namun menjaka etika dan perasaan adalah mutlak kita jalankan sebagai mahluk yang paling mulia,,Jika seorang Murtadin selalu menjelek-jelekkan ajaran agama yng sudah ditinggalkannya maka wajar jika penganut agama tsb marah dan mengundang kebencian dan juga sebaliknya jika Seorang Mualaf selalu mengatangatain agama lamanya adalah agama kebohongan maka wajar pula jika mereka marah,,Nah apakah wajar bila seseorang yang mengaku sudah bertobat atau dapat hidayah masih pantas menebar kebencian terhadap siapapun,,bukan kah lebih tidak baik menanamkan damai dan kesejukan sekaligus sebagai bukti bahwa kita sudah dekat dengan sang Pencipta,,jangan-jangan perpindaha agama adalah bertujuan untuk nyari popularitas dan status sosial yang menjurus kepada kepentingan duniawi,,,,,

Translate it by Google Translator