03 May 2009

Samakah iman Katolik dengan Kristen non Katolik ?

Berbagai alasan menjadi dasar beberapa umat Katolik menyeberang ke gereja lain. Banyak yang berargumen 'biar tidak apa-apa, kan masih dalam nama Yesus' Di lain pihak banyak juga katakumen berlatar belakang non Katolik ingin cepat-cepat dibaptis, tak mau belajar katakumen yang lama. Mereka beralasan bahwa Alkitab-nya sama. Benarkah hal-hal tersebut? Apakah gereja Katolik dan gereja Kristen itu sama saja? Kalau berbeda, di mana letak perbedaannya?

Sekilas memang tampak sama antara keduanya. Tapi kalau kita cermati lebih jauh, keduanya berbeda.

 

Bagian dalam gedung gereja keduanya amat sangat berbeda.

·        Di gereja Katolik terdapat altar, patung, mimbar, tabernakel, bangku dan termpat berlutut

·        sedangkan di gereja Kristen hanya ada bangku, mimbar sabda dan tempat pujian.

·        Salib di Katolik ada corpus (patung tubuh Kristus)

·        sedang di Kristen hanya kayu salib.

·        Alkitab dalam Katolik erdiri atas 73 kitab (termasuk di dalamnya kitab-kitab deuterokanonika)

·        sementara pada Kristen hanya terdiri atas 66 kitab.

·        Gereja Katolik mengenal 7 sakramen

·        sedangkan mereka hanya 2 sakramen (baptisan dan perjamuan kudus).


Di antara sesama gereja Kristen ada banyak persamaan sedangkan gereja Katolik agak berbeda. Bila mereka pindah gereja ibaratnya pindah antar paroki sedangkan bila mereka pindah ke Katolik atau sebaliknya maka sungguh terasa sebagai 'pindah agama' karena memang ada perbedaan yang sangat nyata di antara keduanya.

Dalam Syahadat iman yang panjang kita mengimani Gereja Katolik itu memiliki sifat-sifat:

Satu - Pertama-tama seluruh pengikut Kristus disatukan oleh satu Tubuh, satu Roh, satu Tuhan dan satu baptisan (Ef 4:4-5) yang sama. Ada kemajemukan yang luar biasa dalam gereja yang satu ini. Ini disebabkan karena perbedaan anugerah Allah dan juga keanekaan orang yang menerimanya. Dalam kemajemukan tsb kesatuan Gereja diamankan oleh ikatan persekutuan dalam hal:


* pengakuan iman yang satu dan sama sebagaimana diwariskan oleh para rasul
* perayaan ibadat bersama terutama dalam hal sakramen-sakramen
* suksesi apostolik

Kudus - Kekudusan Gereja pertama-tama bukan terletak pada kesucian para anggotanya tapi pada kesatuannya dengan Kristus sebagai kepala Gereja.

Katolik - Artinya umum, universal, tidak dibatasi oleh wilayah, bahasa atau etnis tertentu.

Apostolik - Iman kita akan Yesus Kristus mewarisi iman para rasul..
Jadi isi iman kita tidak menyimpang dari ajaran Yesus sebagaimana diteruskan oleh ke-12 rasul.

Secara nyata keempat ciri tsb juga membedakan Gereja Katolik dengan gereja Kristen lainnya.

 

Ajaran Berbeda
Perbedaan antara keduanya tidak hanya tampak pada hal-hal luar atau tradisi keagamaan tetapi juga dalam hal ajaran. Ringkasnya ajaran Gereja Kristen non Katolik meliputi: 


sola fide (hanya iman), sola scriptura (hanya kitab suci), sola gratia (hanya rahmat) dan sola signa (hanya tanda). Sedangkan iman Katolik mengajarkan baik ini maupun itu. Perbedaan ini berpengaruh dalam tafsiran Alkitab dan dalam penghayatan hidup praktis kita.

Sola Fide
Ajaran Kristen non Katolik menekankan sola fide (hanya iman). Intinya: seseorang selamat semata-mata karena imannya akan Yesus Kristus (hanya mendasarkannya pada Rm 3:21-31). Ini menolak paham keselamatan sebagai hasil usaha manusia. Gereja Katolik mengajarkan: selain iman akan Yesus Kristus seseorang juga mesti melakukan perbuatan baik. Perbuatan baik memang bukanlah syarat untuk diselamatkan tapi adalah bukti bahwa kita beriman akan Kristus. Kita harus menunjukkan iman kita dengan perbuatan kita bukan hanya dengan kata-kata atau sekedar keyakinan dalam hati. Kita dasarkan ini pada pernyataan: iman tanpa disertai perbuatan pada hakekatnya adalah mati (Yak 2:17)


Sola Scriptura
Sumber iman gereja Kristen non Katolik adalah sola scriptura (hanya kitab suci). Setiap persoalan mesti dicarikan teks kitab suci-nya. Bila tidak ada maka tidak diakui sebagai ajaran iman Kristiani. Karena itu mereka hanya mengakui 2 sakramen (baptis dan perjamuan kudus). Kitab suci yang dimaksudkan pun hanya Alkitab Protokanonika yang hanya terdiri atas 66 kitab. Alkitab Katolik bukan hanya Protokanonika tetapi juga meliputi Deuterokanonika. Alkitab juga tidak memuat segala-galanya tentang kehidupan Yesus dan tradisi para rasul (Yoh 21:25) sebab hidup dan ajaran Yesus diteruskan para rasul secara lisan (tradisi lisan). Di kemudian hari sebagian tradisi lisan ini ditulis dan menjadi injil (tradisi tertulis). Karena itu dalam ajaran imannya, selain mendasarkan diri pada Alkitab, Gereja Katolik juga memanfaatkan Tradisi lisan seperti yang ditulis oleh para Bapa Gereja dan juga Magisterium (ajaran resmi Gereja/ Paus dalam hal iman dan susila). Jadi kalaupun dalam Alkitab tidak ada bahasan tentang kloning, bayi tabung dan kontrasepsi maka Gereja Katolik masih bisa memberikan ajaran moralnya secara jelas.

Sola Gratia
Dari tradisi Yahudi kita mengakui adanya dosa asal sehingga kita menantikan penebusan yang kemudian terpenuhi dalam diri Yesus Kristus. Namun ajaran tentang kodrat manusia sangat berbeda antara Katolik dan Kristen. Kristen non Katolik mengajarkan bahwa dosa asal menyebabkan kodrat manusia hancur lebur sehingga tidak ada yang baik dalam diri manusia. Karenanya menurut mereka keselamatan semata-mata hanyalah berkat rahmat Tuhan. Dalam ajaran iman Katolik dosa asal membuat kodrat manusia retak/ rusak sehingga masih dimungkinkan adanya sisi baik dalam diri manusia. Karenanya manusia masih mungkin berkehendak dan berbuat baik.

Sola Signa
Ajaran Kristen non Katolik mengajarkan bahwa sakramen hanyalah tanda/ simbol dari rahmat Allah. Dalam iman Katolik diajarkan bahwa selain tanda, sakramen juga merupakan sarana yang mendatangkan rahmat. Roti dalam perjamuan kudus menurut ajaran Kristen non Katolik hanyalah sekedar simbol dari kehadiran Kristus sedangkan dalam ajaran Katolik Ekaristi roti itu memang sungguh-sungguh diubah menjadi Tubuh Kristus. Sekalipun disimpan dalam tabernakel hosti itu adalah sungguh Tuhan Yesus sendiri. Karena itu kita memiliki kebiasaan berlutut ke arah tabernakel untuk menghormati Tuhan Yesus yang ada di dalam tabernakel tsb.

 

 


31 comments:

ngobrolislami said...

Laa Ilaaha Illallaah. Muhammadur Rasulullaah.
-
Tiada Tuhan [yang haq disembah] kecuali Allaah
Muhammad adalah utusan Allaah.
-
Melalui tulisan ini, saya ingin mengajak anda untuk hanya menyembah Allaah Subhanahu wa ta’ala, serta tidak menyekutukan Nya dengan sesuatu apapun.
-
Allah memerintahkan manusia untuk hanya menyembah Nya, serta tidak menyekutukan Nya dengan sesuatu apapun. Maka penuhilah perintah Allaah. Allah menjanjikan surga bagi manusia yang ber-iman kepada Nya.
-
Sembahlah Allah.
-
Dialah Allah yang tidak berawal dan tidak berakhir.
-
Dialah Allah yang menciptakan sesuatu dari tidak ada menjadi ada.
-
Dialah Allah yang tidak bersandar pada sesuatu apapun.
-
Dialah Allah yang wujud Nya berbeda dengan makhluk.
-
-
Katakanlah: "Dia-lah Allah, Yang Maha Esa. Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu. Dia tiada beranak dan tidak pula diperanakkan, dan tidak ada seorangpun yang setara dengan Dia". [TQS Al Ikhlas 112 : 1-4]
-
-
Keselamatan hanya ada pada Islam. Sesungguhnya agama yang di ridhoi Allah hanyalah Islam. Ketahuilah, Allah amat keras siksanya. Sungguh, alangkah menyesalnya manusia yang ketika mereka dibangkitkan dari kematian, sedangkan mereka dalam keadaan kafir kepada Allah. Allah mengancam orang orang yang kafir kepada nya dengan siksa yang amat keras, mereka kekal di neraka sedangkan mereka tidak akan mati.
-
Adapun orang-orang yang kafir dan mendustakan ayat-ayat Kami, mereka itu penghuni neraka; mereka kekal di dalamnya. [TQS Al Baqarah 2: 39]
-
Alangkah buruknya (hasil perbuatan) mereka yang menjual dirinya sendiri dengan kekafiran kepada apa yang telah diturunkan Allah, karena dengki bahwa Allah menurunkan karunia-Nya kepada siapa yang dikehendaki-Nya diantara hamba-hamba-Nya. Karena itu mereka mendapat murka sesudah (mendapat) kemurkaan . Dan untuk orang-orang kafir siksaan yang menghinakan. [TQS Al Baqarah 2: 90]
-
Sesungguhnya orang-orang yang kafir, harta benda dan anak-anak mereka, sedikitpun tidak dapat menolak (siksa) Allah dari mereka. Dan mereka itu adalah bahan bakar api neraka, [TQS Ali ’Imran 3 : 10]
-
-
-
Allah menjanjikan limpahan rahmat Nya bagi orang-orang beriman dan beramal shaleh. Allah itu baik dan hanya menyukai yang baik baik. Allah lah yang memberikan rezeki kepada manusia dan semua hewan. Allah lah yang memberikan akal pada manusia. Dengan akal, manusia dapat menggunakannya untuk mencari hidayah Allah.
-
Dan orang-orang yang beriman serta beramal saleh, mereka itu penghuni surga; mereka kekal di dalamnya. [TQS Al Baqarah 2: 82]
-
Untuk orang-orang yang bertakwa (kepada Allah), pada sisi Tuhan mereka ada surga yang mengalir dibawahnya sungai-sungai; mereka kekal didalamnya. Dan (mereka dikaruniai) isteri-isteri yang disucikan serta keridhaan Allah. Dan Allah Maha Melihat akan hamba-hamba-Nya. [TQS Ali ’Imran 3 : 15]
-
pada hari yang di waktu itu ada muka yang putih berseri, dan ada pula muka yang hitam muram. Adapun orang-orang yang hitam muram mukanya (kepada mereka dikatakan): "Kenapa kamu kafir sesudah kamu beriman? Karena itu rasakanlah azab disebabkan kekafiranmu itu". Adapun orang-orang yang putih berseri mukanya, maka mereka berada dalam rahmat Allah (surga); mereka kekal di dalamnya. [TQS Ali ’Imran 3 : 106-107]
-
-
Saya menyerukan kepada anda agar segeralah beriman kepada Allah, Rasul Nya, serta Kitab Nya. Islam-lah maka engkau selamat. Semoga Allah memberikan hidayah Nya kepada anda.

GERRY said...

YESUS KRISTUS adalah TUHAN

Anonymous said...

Ngobrol islam, tolong jawab ya:

1. Apa artinya: "Tiada Tuhan [yang haq disembah] kecuali Allaah"
2. Apa alasan tidak boleh menyekutukan Nya dengan sesuatu apapun dg Dia?

3. Apa alasan: Allah memerintahkan manusia untuk HANYA menyembah Nya?

4. Janji Sorganya Allah? Kamu sendiri sudah menerima? Saya khawatir mirip2 propaganda caalon DPR

5. Dikatakan: Dialah Allah yang tidak bersandar pada sesuatu apapun. Mengapa utk menaklukan Mekkah dan Medinah, harus memakai Muhammad dan pasukannya, tangan Muhammad terpaksa berdarah? Mengapa untuk menjaga para janda, harus memakai Muhamamd melindunginnya? Saya khawatir kamu adalah pendusta.

6. "Dialah Allah yang wujud Nya berbeda dengan makhluk". Bisakah kamu gambarkan wujudnya seperti apa sih? Dan apakah benar bahwa wujud Allah itu adalah seperti yg kamu gambarkan itu?

7. dikatakan "Dia-lah Allah, Yang Maha Esa." Apa yg kamu mengerti dengan ESA?

8. Dikatakan di atas "Tidak ada Tuhan selain Allah", koq kini malah kamu berkata:

"Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu" Coba kamu definisikan apa itu Tuhan dan apa Allah itu?

9. "Keselamatan hanya ada pada Islam. Sesungguhnya agama yang di ridhoi Allah hanyalah Islam." lalu untuk apa dia berkata: setiap bangsa memiliki nabinya yang diutusnya?

10. "Ketahuilah, Allah amat keras siksanya". Aancamannya seingkali menakutkan Muslim? Tanggalkanlah sebab ada Allah yang tidak suka mngancam. Untuk apa engkau menjadi Islam hanya karena takut pada siksaan Allah? Seharusnya engkau memilih Allah karena dia mengasihimu. Benarkan?

11. Jika Alquran benar2 Sabda Allah, apa dia tidak snaggup menjaganya sehingga bisa didustakan oleh orang kafir? Pernyataan Alquran ini mengandaikan Alquran itu adalah tulisan manusia.

12. Teranngkan kepada kami: setelah engkau masuk surgamu itu, apa yg kau lakukan disana? BERSETUBUH DENGAN BANYAK WANITA CANTIK? NAJIS DAN HARAM HUKUMNYA SEBELUM DINIKAHKAN.

13. Bagaimana Islam menyelamatkan Anda? Dengan solat, puasa, sedekah, dll? Ach....ateis pun bisa dan mereka jauh lebih murah hati.

Masih byk sanggahaku terhadap agama yg satu ne.


Saya menyerukan kepada anda agar TANGGALKAN IMAN ISLAMMU.

Anonymous said...

Wahai Muslim.....bisa engkau menjelaskan kepada kami manakah sesuatu yang baru, yang dibawah oleh Muhammad?

1. Monoteisme dicuri dari Yahudi
2. Poligami, negkor Yahudi
3. Haram babi, negkor Yahudi
4. Pakai jilbab/kerudung nyontek Yahudi
5. Nabi Arab gak ada. Semua nabi yg ada dalam alquran murni menulis ulang nama nabi bangsa lain.
6. Percaya hari kiamat, hari berbangkit, yg didengngungkan dlm alquran adalah murni curian agama lain.
7. Yang baru dari Muhamamd hanyalah pedang dan sumpah serapah kepada Yahudi [jadi kera dan babi. ] dan bunuh orang kafir.
8. ISLAM tidak lebih dari Ilusi Seorang Lelaki Arab Muhammad.

Jejak Satria said...

Secara objektif,anggap kita lahir tanpa pengaruh siapapun.Bukan krn keturunan atau lingkungan.Coba kita pelajari lebih dalam,satu per satu agama.Keimanan adalah suatu kepercyaan,tidak bsa dipaksakan,jngn meliat dari oknum,tapi pelajarilah.Kita ditakdirkan di dunia pasti ada tujuan,mari belajar.Kalo yakin dngn keyakinan mu,maka jadikan keyakinan itu membuat kita lbh baek,santun dan sesuai ajaran mu.

donny said...

Debat mengenai agama tidak akan pernah berakhir karena semua pemeluk agama memiliki keyakinannya masing-masing. Kenapa kita tidak menggunakan kepercayaan kita ini untuk lebih berbuat yang riil, misalnya lebih bekerja keras di kerjaan kita masing-masing untuk menyejahterakan keluarga kita, meningkatkan kualitas hubungan dengan pasangan hidup kita masing-masing sehingga tidak sampai bercerai, lebih aktif dalam kegiatan di lingkungan masing-masing sehingga dapat mengasah rasa toleransi kita masing-masing? Hidup sejahtera dan beriman ! Itulah gunanya hidup !!!

adamprabowo.blogspot.com said...

“Sungguh telah kafir orang yang mengatakan bahwa al-Masih putra Maryam itu adalah Allah, sedangkan al-Masih sendiri mengatakan, ‘Hai bani Isra’il, sembahlah Allah Rabbku dan Rabb kalian, sesungguhnya barangsiapa yang mempersekutukan Allah maka sungguh Allah haramkan surga baginya dan tempat kembalinya adalah neraka, dan sama sekali tidak ada penolong bagi orang-orang yang zalim itu.” (QS. al-Maa’idah : 72)

Jawaban atas pertanyaan Gerry :

1.makna Laa ilaaha illallah adalah tidak ada sembahan yang berhak untuk disembah kecuali Allah. Maka kalimat tauhid ini menunjukkan akan penafian/penolakan/peniadaan semua jenis penyembahan dan peribadahan dari semua selain Allah Ta’ala, apa dan siapapun dia, serta penetapan bahwa penyembahan dan peribadahan dengan seluruh macam bentuknya –baik yang zhohir maupun yang batin- hanya ditujukan kepada Allah semata tidak kepada selainnya. Oleh karena itu semua yang disembah selain Allah Ta’ala memang betul telah disembah, akan tetapi dia disembah dengan kebatilan, kezholiman, pelampauan batas dan kesewenang-wenangan

2.

“Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatupun.” (QS. An-Nis a`: 36)

“Maka, janganlah kamu mengadakan sekutu-sekutu bagi Allah padahal kamu mengetahui.” (Al-Baqarah: 22)

3.
“Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku.” (QS. Adz-Dz ariy at: 56)

“Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan mengikhlaskan keta’atan kepada-Nya dalam (menjalankan) agama dengan lurus, dan supaya mereka mendirikan sholat dan menunaikan zakat; dan yang demikian itulah agama yang lurus.” (Q.s. Al Bayyinah: 5)

adamprabowo.blogspot.com said...

4.
“Orang-orang yang terdahulu lagi yang pertama-tama (masuk Islam), di antara orang-orang Muhajirin dan Anshar dan orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik, Allah ridha kepada mereka dan Allah menyediakan bagi mereka surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya. Mereka kekal di dalamnya, selama-lamanya. Itulah kemenangan yang besar.” (Q.S. At-Taubah:100)

Dari Ubadah bin Shamit radhiallahu’anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang bersaksi bahwasanya tidak ada sesembahan yang haq kecuali Allah dan tidak ada sekutu bagi-Nya, juga bersaksi bahwasanya Muhammad adalah utusan-Nya, dan bahwasanya Isa adalah hamba Allah dan anak dari budak wanita-Nya serta kalimat-Nya yang ia sampaikan kepada Maryam dan ruh dari-Nya. Bersaksi bahwa surga dan neraka benar adanya. Allah akan masukkan ke dalam surga lewat pintu surga yang delapan sekehendaknya.” (HR. Bukhari, no. 3252 dan Muslim, no. 28)

5.
Apakah anda sendiri mengerti ajaran Islam ? apabila anda hanya berbicara dengan hawa nafsu,sungguh anda telah terbujuk rayuan setan,berlindunglah kepada Allah.Allah Maha Kuasa atas segalanya,bukan bermaksud Allah tak mampu untuk menjadi seluruh makhluk yang Allah ciptakan itu beriman kepada-Nya dengan Iman yang sebenar benarnya,hanya saja Allah memiliki cara yang lebih Indah dan sungguh Allah Maha Mengetahui,sedangkan kita tidak.

Allah mengutus Rasul-Nya adalah salah satu cara-Nya.Allah tidak bergantung pada Makhluknya,Dialah Yang Berdiri Sendiri

"Dan sesungguhnya Kami telah mengutus Rasul
pada tiap-tiap umat (untuk menyerukan):
“Sembahlah Allâh (saja), dan jauhilah thâghût”,
maka di antara umat itu ada orang-orang yang diberi petunjuk oleh Allâh Ta'âla
dan ada pula di antaranya orang-orang yang telah pasti kesesatan baginya.
Maka, berjalanlah kamu di muka bumi
dan perhatikanlah bagaimana kesudahan
orang-orang yang mendustakan (rasul-rasul)."
(Qs an-Nahl/16:36)

6.
la ilaha illallah ! sungguh apa yang anda katakan adalah suatu kebodohan,Allah berbeda dengan Makhluknya . . .dan tidak ada satupun dalil dari Al Qur'an maupun Hadits shahih yang menggambarkan wujud Allah itu seperti makhluk-Nya

"Tidak ada sesuatu pun yang serupa dengan-Nya, dan Dialah yang Maha Mendengar lagi Maha Melihat.” (QS. Asy-Syura:11).

7.
Al Wahid Al Witr (Maha Esa), tidak ada yang serupa dengan-Nya, tidak ada yang sebanding dengan-Nya, tidak memiliki istri ataupun anak, dan tidak ada sekutu baginya.
bolehkah saya bertanya balik pada anda ? menurut anda ESA itu apa ?

adamprabowo.blogspot.com said...

8.
sungguh anda tidak mengerti arti sebenarnya ayat tersebut.saya jelaskan

"Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu"

Pertama, Ash Shomad bermakna:

Allah adalah As Sayid (penghulu), tempat makhluk menyandarkan segala hajat pada-Nya.

Kedua, Ash Shomad bermakna:

Allah tidak memiliki rongga (perut).

Ketiga, Ash Shomad bermakna:

Allah itu Maha Kekal.

Keempat, Ash Shomad bermakna:

Allah itu tetap kekal setelah para makhluk binasa.

Dalam Tafsir Al Qur’an Al Azhim (Tafsir Ibnu Katsir) disebutkan beberapa perkataan ahli tafsir yakni sebagai berikut.
Dari ‘Ikrimah, dari Ibnu Abbas mengatakan bahwa maksud ayat ini adalah :

Seluruh makhluk bersandar/bergantung kepada-Nya dalam segala kebutuhan maupun permasalahan.

Ali bin Abi Tholhah dari Ibnu Abbas mengatakan mengenai

Dia-lah As Sayyid (Pemimpin) yang kekuasaan-Nya sempurna. Dia-lah Asy Syarif (Maha Mulia) yang kemuliaan-Nya sempurna. Dia-lah Al ‘Azhim (Maha Agung) yang keagungan-Nya sempurna. Dia-lah Al Halim (Maha Pemurah) yang kemurahan-Nya itu sempurna. Dia-lah Al ‘Alim (Maha Mengetahui) yang ilmu-Nya itu sempurna. Dia-lah Al Hakim (Maha Bijaksana) yang sempurna dalam hikmah (atau hukum-Nya). Allah-lah –Yang Maha Suci- yang Maha Sempurna dalam segala kemuliaan dan kekuasaan. Sifat-Nya ini tidak pantas kecuali bagi-Nya, tidak ada yang setara dengan-Nya, tidak ada yang semisal dengan-Nya. Maha Suci Allah Yang Maha Esa dan Maha Kuasa.

Al A’masy mengatakan dari Syaqiq dari Abi Wa’il bahwa Ash Shomad bermakna:

”Pemimpin yang paling tinggi kekuasaan-Nya”. Begitu juga diriwayatkan dari ’Ashim dari Abi Wa’il dari Ibnu Mas’ud semacam itu.

Malik mengatakan dari Zaid bin Aslam, ”Ash Shomad adalah As Sayyid (Pemimpin).”

Al Hasan dan Qotadah mengatakan bahwa Ash Shomad adalah (الباقي بعد خلقه) Yang Maha Kekal setelah makhluk-Nya (binasa).

Al Hasan juga mengatakan bahwa

Ash Shomad adalah

الحي القيوم الذي لا زوال له
Yang Maha Hidup dan Quyyum (mengurusi dirinya dan makhlukNya) dan tidak mungkin binasa.

’Ikrimah mengatakan bahwa Ash Shomad adalah yang tidak mengeluarkan sesuatupun dari-Nya (semisal anak) dan tidak makan.

Ar Robi’ bin Anas mengatakan bahwa Ash Shomad adalah (الذي لم يلد ولم يولد) yaitu tidak beranak dan tidak diperanakkan. Beliau menafsirkan ayat ini dengan ayat sesudahnya dan ini tafsiran yang sangat bagus.

Ibnu Mas’ud, Ibnu Abbas, Sa’id bin Al Musayyib, Mujahid, Abdullah bin Buraidah, ’Ikrimah, Sa’id bin Jubair, ’Atho’ bin Abi Robbah, ’Athiyyah Al ’Awfiy, Adh Dhohak dan As Sudi mengatakan bahwa

Ash Shomad adalah (لا جوف له) yaitu tidak memiliki rongga (perut).

Al Hafizh Abul Qosim Ath Thobroni dalam kitab Sunnahnya -setelah menyebut berbagai pendapat di atas tentang tafsir Ash Shomad- berkata, ”Semua makna ini adalah shohih (benar). Sifat tersebut merupakan sifat Rabb kita ’Azza wa Jalla. Dia-lah tempat bersandar dan bergantung dalam segala kebutuhan. Dia-lah yang paling tinggi kekuasaan-Nya. Dia-lah Ash Shomad tidak ada yang berasal dari-Nya. Allah tidak butuh makan dan minum. Dia tetap kekal setelah para makhluk-Nya binasa. Baihaqi juga menjelaskan yang demikian.” (Diringkas dari Tafsir Al Qur’an Al ‘Azhim)

sungguh jangan anda tafsirkan sesuai pemahaman anda

adamprabowo.blogspot.com said...

9.
Sungguh intinya adalah Allah mengutus para Rasul dengan dakwah Tauhid,Islam adalah agama Tauhid,agama para nabi dan rasul

Berikut ini gambaran sekilas mengenai seruan para nabi dan rasul kepada kaumnya. Allah ta’ala telah mengisahkan sejarah perjuangan dakwah mereka di dalam kitab-Nya, mudah-mudahan kita termasuk orang yang bisa memetik pelajaran darinya, amin.
[1] Dakwah Nabi Nuh ‘alaihis salam
Allah ta’ala berfirman (yang artinya), “Sungguh Kami telah mengutus Nuh kepada kaumnya, maka dia berkata; Wahai kaumku, sembahlah Allah tiada bagi kalian sesembahan selain-Nya.” (QS. al-A’raaf: 59). Ayat yang mulia ini menunjukkan bahwa dakwah Nabi Nuh adalah dakwah tauhid.
[2] Dakwah Nabi Hud ‘alaihis salam
Allah ta’ala berfirman (yang artinya), “Dan kepada kaum ‘Aad, Kami utus saudara mereka yaitu Hud. Dia berkata; Wahai kaumku, sembahlah Allah tiada bagi kalian sesembahan selain-Nya.” (QS. al-A’raaf: 65). Ayat yang mulia ini menunjukkan bahwa dakwah Nabi Hud adalah dakwah tauhid.
[3] Dakwah Nabi Shalih ‘alaihis salam
Allah ta’ala berfirman (yang artinya), “Dan kepada kaum Tsamud, Kami utus saudara mereka yaitu Shalih. Dia berkata; Wahai kaumku, sembahlah Allah tiada bagi kalian sesembahan selain-Nya.” (QS. al-A’raaf: 73). Ayat yang mulia ini menunjukkan bahwa dakwah Nabi Shalih adalah dakwah tauhid.
[4] Dakwah Nabi Syu’aib ‘alaihis salam
Allah ta’ala berfirman (yang artinya), “Dan kepada kaum Madyan, Kami utus saudara mereka yaitu Syu’aib. Dia berkata; Wahai kaumku, sembahlah Allah tiada bagi kalian sesembahan selain-Nya.” (QS. al-A’raaf: 85). Ayat yang mulia ini menunjukkan bahwa dakwah Nabi Syu’aib adalah dakwah tauhid.
[5] Dakwah Nabi Ibrahim ‘alaihis salam
Allah ta’ala berfirman (yang artinya), “Sungguh telah ada teladan yang baik pada diri Ibrahim dan orang-orang yang bersamanya, yaitu ketika mereka berkata kepada kaumnya; Sesungguhnya kami berlepas diri dari kalian dan dari segala yang kalian sembah selain Allah. Kami ingkari kalian dan telah nyata antara kami dengan kalian permusuhan dan kebencian untuk selamanya sampai kalian mau beriman kepada Allah saja.” (QS. al-Mumtahanah: 4). Ayat yang mulia ini menunjukkan bahwa dakwah Nabi Ibrahim adalah dakwah tauhid.
[6] Dakwah Segenap Rasul ‘alaihimus salam
Allah ta’ala berfirman (yang artinya), “Sungguh Kami telah mengutus kepada setiap umat seorang rasul yang mengajak; sembahlah Allah dan jauhilah thaghut.” (QS. an-Nahl: 36). Ayat yang mulia ini menunjukkan bahwa dakwah seluruh rasul adalah dakwah tauhid.

[Dari artikel Dakwah Para Nabi dan Rasul — Muslim.Or.Id – Memurnikan Aqidah Menebarkan Sunnah by null]

adamprabowo.blogspot.com said...

“Sesungguhnya agama yang diterima di sisi Allah hanyalah Islam.” (QS. Ali Imran: 19)

“Dan tidaklah Kami mengutus seorang rasul pun sebelum engkau (Muhammad) melainkan Kami wahyukan kepadanya bahwa; tidak ada sesembahan yang benar selain Aku, oleh sebab itu sembahlah Aku.” (QS. al-Anbiyaa’ : 25).

“Dan sesungguhnya Kami telah mengutus rasul pada tiap-tiap umat (untuk menyerukan): “Sembahlah Allah (saja), dan jauhilah Thaghut itu”. (QS. An-Nahl: 36)

“Dan Kami tidak mengutus seorang rasul pun sebelum kamu melainkan kami mewahyukan kepadanya bahwasanya tidak ada Tuhan (yang hak) melainkan Aku, maka sembahlah olehmu sekalian akan Aku.” (QS. Al-Anbiya`: 25).

“Dan tanyakanlah kepada rasul-rasul Kami yang telah Kami utus sebelum kamu: “Adakah Kami menentukan sembahan-sembahan untuk disembah selain Allah Yang Maha Pemurah?” (QS. Az-Zukhruf: 45)

Dan sesungguhnya Kami telah mengutus Nuh 'alaihissalam kepada kaumnya,
lalu ia berkata:
“Hai kaumku, sembahlah Allâh,
(karena) sekali-kali tidak ada Tuhan bagimu selain Dia.
Maka mengapa kamu tidak bertakwa (kepada-Nya)?”
(Qs al-Mukminûn/23:23)

“Ibrahim bukanlah seorang Yahudi ataupun Nasrani, akan tetapi dia adalah seorang yang bertauhid dan muslim, dan dia sekali-kali bukan termasuk golongan orang-orang musyrik.” (QS. Ali Imran : 67).

10.
Apakah dalam agama anda Tuhan itu selalu penyayang dan pengasih ? lalu bagaimanakan sikap Tuhan anda dalam menangani orang orang yang kafir,berbuat dosa dan lalai dari-Nya ? apabila Tuhan bersifat demikian,maka tentu orang orang yang berdosa dan melakukan tindakan jahat sangat senang.Sungguh apabila demikian orang yang bertakwa sama dengan orang yang berdosa.

Dalam Islam dijelaskan ancaman ancaman Allah bagi yang melanggar syariat-Nya begitupun sebaliknya Allah akan memberikan kenyamanan,kebahagiaan berupa Surga bagi orang orang yang beriman dan bertakwa

"Dan demikianlah Kami menurunkan Al Qur’an dalam bahasa Arab, dan Kami telah menerangkan dengan berulang kali di dalamnya sebahagian dari ancaman, agar mereka bertakwa atau (agar) Al Qur’an itu menimbulkan pengajaran bagi mereka." (QS Thaahaa/ 20 : 113).

lihatlah salah satu bukti Allah Maha Baik

“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah) bahwasanya Aku adalah dekat, Aku mengabulkan permohonan orang yang mendoa apabila dia berdoa kepada-Ku” (QS al-Baqarah:186)

dan ini adalah salah satu ancaman bagi orang orang yang durhaka pada Allah

“Orang-orang yang kafir dan menghalangi (manusia) dari jalan Allah, Kami tambahkan kepada mereka siksaan di atas siksaan disebabkan mereka selalu berbuat kerusakan.” (QS. An-Nahl : 88)

11.
Al Qur'an adalah FIRMAN ALLAH .

"Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Al Qur’an, dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya." (QS Al-Hijr/ 15: 9).

adapun orang orang kafir yang ingin mengacak ngacak Al Qur'an adalah salah satu cara mereka menyesatkan umat Islam,akan tetapi Allah akan selalu menjaganya hingga hari kiamat nanti.

11.
Anda seperti orang yang hilang akalnya,kawan cobalah mengerti . . .
sesungguhnya surga adalah sebuah kenikmatan dan kebahagiaan tertinggi.Allah akan memberikan apapun bagi orang yang masuk surga sebagai balasan atas apa yang ia lakukan selama hidupnya di dunia.

"Di dalam surga itu ada bidadari-bidadari yang baik baik lagi cantik cantik" (Ar Rahman :70)

" . . .Dan untuk mereka di dalamnya ada istri-istri yang suci . . ." (Al Baqarah : 25)

Hubungan orang yang beriman dengan istrinya,bidadari yang jelita,tak hanya sebatas hubungan syahwat belaka.Akan tetapi,ia merupakan hubungan luhur yang mengantarkan kepada ketinggian derajat manusia serta kasih sayang.

13.
lalu dengan apakah agama anda memasukan anda ke surga ?

Nglindur said...

haiyo siapa yang berani Nyunat Tuhan ??

Anonymous said...

:::::::::::::::::::::::::::::::::::::

yakini apa yang qm anggap kebenaranya
hari akhirlah jawabanya

:::::::::::::::::::::::::::::::::::;;

yang jelas qt semua menyembah kepada yang menciptakan alam semesta beserta isinya
::::::::::::::::::::::::::::::::::::

Anonymous said...

agama kristen ajaran Yesus sendiri: "Berdoalah kepada Bapa (Tuhan) dalam nama saya (berarti dengan perantaraan Yesus" - Alkitab, Yohanes 15:16. Dalam kehidupan Yesus hanya ada satu Tuhan, dan Yesus membimbing manusia kepadaNya.

agama islam ::Tiada Tuhan yang disembah kecuali Allaah
Muhammad adalah utusan Allaah.

pandangan agama
::::::::::::::::
kristen tuhannya bapa>>ke yesus untuk membimbing manusia kepadaNya

islam tuhanya allah>> ke muhammad untuk membimbing manusia kepadaNya

:::::::::::::::::::::::::::::;

Menurut ajaran masing-masing agama, Pengadilan Terakhir adalah urusan Tuhan, dan bukan urusan manusia, tidak peduli apakah mereka Kristen, Muslim atau Yahudi.

Anonymous said...

Inti dasar dari agama Islam dan Kristen adalah dalam rangka menyelamatkan manusia di hari setelah kematian kelak.

Islam :
- manusia dilahirkan kedunia sebagai makhluk yang suci dari dosa
- Tujuan manusia diciptakan Tuhan adalah untuk ibadah, ada pahala dan ada dosa.
- Setelah kematian ada penghakiman Tuhan, Jika Pahala>dosa = surga dan jika Pahala<dosa= neraka.Dan tiap2 manusia menanggung nasibnya sendiri kelak.
" sebagai pedoman (aturan mainnya) menggunakan Al-Quran dan Al-Hadist dan acuan hukum di dunia"

Kristen :
- manusia dilahirkan mempunyai dosa turunan dan hakikatnya semua manusia adalah berdosa.
- Yesus kristus sebagai juru selamat dan penebus dosa seluruh manusia yang percaya kepadaNya.
- Jadi siapa yang ingin selamat maka percaya dengan Yesus kristus sebagai juru selamat, hanya itu.Tak ada ritual2 dan tidak ada yang namanya Dosa.
"Karena hanya Bermodalkan percaya,dan tak ada yang namanya dosa.maka Injil hanya sebagai bacaan pelengkap saja (sejarah) dan bukan acuan hukum."

Jika melihat dua perbedaan mencolok tsb sangat mendasar.Bisa dipastikan diantaranya ada salah satu yang salah.

Mari bersama-sama mencari kebenaran.

Anonymous said...

untukmu agamamu , untukku agamaku.

Anonymous said...

@ngobrolislami

9. "Keselamatan hanya ada pada Islam. Sesungguhnya agama yang di ridhoi Allah hanyalah Islam." Terus orang jaman dulu berarti dosa semua? Katholik sama Kristen agama pertama di bumi,Lalu islam 500 tahun sesudah Kristen. Lu sebenernya ngerti sejarah agama lu apa kaga sih?

muji bagus said...

Keselamatan memang hanya ada pada islam, selain islam tidak masuk surga.

“Sesungguhnya agama yang diterima di sisi Allah hanyalah Islam.” (QS. Ali Imran: 19)

tentang umat yang beragama selain islam sebelum islam datang, sama, yaitu jika dia menyembah Allah dan tidak menyekutukannya dia masuk surga, tp apa bila mereka menyekutukan Allah, dia pasti masuk neraka...

tp ketika islam sudah datang, hanya orang yang beragama islam lah yang masuk surga., karna islam tidak pernah menyekutukan Allah.


kamu tau kenapa kristen tidak bakalan masuk surga??? itu dikarenakan kristen menyekutukan Allah, sama seperti umat-umat sebelumnya yang menyembah berhala(patung)(mentuhankan benda-benda dan menyamakan Allah dengan yang ciptaannya).
jadi sudah jelas mereka pasti masuk neraka.

Akmal Kholid said...

@Anonymous

JURU SELAMAT ITU APA ?

SALAH SATU PAHALA KRISTEN HANYALAH PERCAYA DENGAN YESUS SEBAGAI JURU SELAMAT, CUKUPKAH DENGAN ITU ? CUKUP DENGAN PERCAYA MAKA ANDA AKAN MASUK SURGA, CUKUP DENGAN ITU ?

KRISTEN GAK PUNYA HUKUM, KITAB CUMAN SEBAGAI PELENGKAP, LALU PEDOMANMU APA ? HANYA PERCAYA PERCAYA ITU SAJA ?

KITAB SEBAGAI PELENGKAP SAJA (SEJARAH) ==> TERBUKTI TULISAN MANUSIA

MODAL PERCAYA BAHWA YESUS SEBAGAI JURU SELAMAT BERARTI KALIAN SESAT

TUNJUKAN AYAT AYAT MU YANG MENUNJUKAN BAHWA KALIAN HARUS MENYEMBAH YESUS ?

Anonymous said...

Orang sakit itu adalah justru orang yg melemparkan tuduhan asal-asalan tanpa mengerti dasarnya sama sekali. Itulah jenis orang sakit yg paling sakit. Ini sebagian dari ciri-cirinya :
•Langsung membuat kesimpulan hanya dengan data yang cuma secuil dan tidak mewakili keseluruhan,
•Bertanya tanpa betul-betul mengharapkan jawaban,
•Sudah dijawab semua pertanyaannya tapi terus asyik dengan perverted mindnya sendiri.
•Malas mengadakan penyelidikan yg jujur dan obyektif dan terus berpegang pada pikirannya sendiri yg sudah dibuktikan sakit.

Meskipun mereka diberikan peringatan ataupun tidak diberi peringatan tetap saja tidak akan pernah mendapatkan hidayah, karena hatinya sudah gelap, kronis dan mengkristal, orang-orang yang hanya bisa mengolok-olok yang padahal belum jelas kebenarannya, gak lebih dari sebangsa setan, so berkaca diri sendiri saja, "untukmu agamamu, dan untukku agamaku, aku tidak akan menyembah apa yang kalian sembah, dan kalian tidak akan menyembah apa yang aku sembah."

Anonymous said...

ijal ne org kristen,,debat tp sukar d pahami..hmm

Anonymous said...

islam itu agama terakhir dan penyempurna.islam tidak meniru / mencuri kegiatan dari agama lain,namun menyempurkannya
.nabi dalam al quran mungkin jg nabi dari agama lain
.tetapi nabi(yg katanya nabi milik agama lain itu sesungguhnya juga menyembah tuhannya orang muslim/ Allah swt) dijelaskan dalam al quran,agar umat dari nabi tersebut percaya bahwa islam adalah ajaran yg sama dgn ajaran nabi mereka(yg katanya milik agama lain)
.hanya saja Islam sudah disempurnakan
lebih singkatnya nabi muhammad SAW dan nabi yg lain memiliki ajaran yg sama baiknya.namun agama islam(Agama Nabi Muhammad dan ALLAH SWT)Sudah disempurnakan
.dan karena itulah sesungguhnya agama yg diterima disisi allah adalah ISLAM
.dan islam bukan ilusi Dri Nabi Muhhamad SAW.namun agama yg disempurnakan oleh tuhan yang sebenarnya yaitu ALLAH SWT.

Anonymous said...

Artikel pada link ini akan membantu saudara untuk mengetahui tentang 'Jalan' yang ditawarkan oleh Isa Al-Masih: http://tinyurl.com/6ntpehg dan http://www.isadanislam.com/isa-al-masih/siapakah-isa-al-masih-itu dan http://isadanislam.com/jalan-keselamatan


Maka anda akan tau tentang Isa Al-Masih
#terimakasih

Anonymous said...

jika yahudi dan kristen ,ajarannya masih "ASLI", maka tidak ada ajaran penyempurna.

Karna ajaran2 terdahulu telah "RUSAK", maka muncullah ISLAM sebagai penyempurna ajaran2 sebelumnya(ajaran yg menyembah Allah Swt). Dan Allah menjanjikan ISLAM agama terakhir yg Kitab ALQURAN dijamin kemurnian/keasliannya sampai kiamat :)
jazakumullah ..

MIchael Andretti said...

Islam mengaku agamn paling hebat gk pernah nengok kebelakang. Hanya mendoktrin Muhammad hebat dengan al-quran nya dan menganggap kepercayaan selain islam itu kafir. Sungguh egois sekali. Al-quran mengakui keberadaan Yesus/ISA (AS) tapi mereka mengharamkan umat nasrani. Nasrani/kristen sama yg artinya sekumpulan orang yg mengikuti ajaran kristus Yesus/ISA (AS) berarti sama saja mengatakan YESUS/ISA (AS) itu kafir.

Sungguh banyak ketimpangan disini.

Anonymous said...

@MIchael Andretti

Pada hampirnya hari Kiamat nanti , Nabi isa akan turun ke Bumi semula dan akan bersama sama dengan umat islam untuk menentang Dajjal Dan sebelum Nabi Isa a.s wafat , Baginda akan menjadi umat Nabi Muhammad.

Anonymous said...

Akuuuuuuuuu,,,,,kan udah pake sempak. Tinggal potong deh

Anonymous said...

Ajaran iman khatolik percaya bahwa Yesus adalah Tuhan, nabi, dan juga guru. Hukum utama yang di ajarkan adalah hukum cinta kasih. Bukan hukum untuk saling menghujat, dan saling membunuh. Biarlah ajaranku meyakinkan diriku. Dan biarlah ajaranmu meyakinkan dirimu. Apa yang kamu paksakan kepada orang lain tentang pemikiranmu? Dan apakah logika pemikiranmu harus diterima oleh orang lain? Maka dari itu biarlah orang dengan kehendak masing2 meyakini apa yang menjadi keyakinannya. Itulah cinta kasih.

Anonymous said...

Kasihilah Tuhan Allahmu dengan segenap hati , jiwa dan raga mu dan Kasihilah sesama mu manusia seperti dirimu sendiri sebeb penghakiman adalah hak Tuhan semata.

Anonymous said...

@ semuanya
kita mati bareng bareng aja.. baru kita tahu mana yg benar...kita tanya tuhan langsung..wkekwkwk

Anonymous said...

salam damai semua insani.
umat islam atau kristian marahkah,
kenapa perlu emosi,apa yg kena
diutamakan apabila Allah marah,murka dan tak ampunkan kita
inilah sepatutnya kita jaga dan khuatirkan,
kerna syurga,utk yg faham dan taat perintahnya,
neraka pula utk yg tersesat kefahamanya keliru mana satu akidah yg lurus.
keduanya di sediakannya utk manusia dan jin,mintalah petunjuk andai masih kelru...jgn sekali syirik padanya,
syirik maknanya bertuhankan selain Allah.. satu surah al ikhlas dlm al Quran firman Allah mahfumnya..
"Katakan Allah itu esa,hanya Allah tempat meminta,tiada ia beranak dan diperanakan.juga tiada sesuatupun yg setanding denganya".beginilah bayangkan,
Andaikata saya hidup empat zaman al kitab diturunkan,maka saya pasti akan menjadi pengikut ahli kitab,ciri hamba sejati
1,Al kitab zabur saya akan ikut syariat nabi daud or david
2,Taurat musa or moses saya akui ikut ajaran
3,injil nabi Isa or jesus akan aku ikuti ajarannya.
4.Al quran zaman nabi Muhammad merupakan rasul terakhir,akhir zaman,hingga kiamat,pasti aku ikut ajarannya,kerna aku hamba Allah yg sejati...apakah kata anda?utk pengetahuan Islam juga bermaksud berserah secara total pada Allah,Allah yang menamakannya dan redha ianya sebagai agama utk seluruh hambanya samaada golongan manusia dan jin..Allahu alam...andai saya silap sila betulkan dgn bukti,andai saya betul,ingatlah kata pepatah hendak seribu daya tak nak apa dalilnya...ikhlas by fikir umat sabah bukan negeri singkatan nama Saya A bin A.H,doakan saya menjadi hamba Allah yg sejati insyaallah
namun amal ku hanya sediki cuma dibandingkan nikmat Allah padaku
. ini lah yg amat aku takutkan,namun nikmat islam itu adalah segalanya.,,,kerna maha pencipta menghantar rasullulah,
hebatnya Muhammad saw tanpa usahanya mungkin umat ini tiada yg kenali Allah dan sujud padanya
itulah sebabnya ia menjadi kekasih Allah,setiap sujud umatnya ada saham baginya,,,,1berbillion umatnya bayangkan saham akhirat
nabi saw....tapi bila anda atau saya telah mensesatkan akidah
sesiapa maka saham neraka juga akan berkembang nauzubillah minta djauhi..soal islam meyamai ajaran nabi terdahulu ianya lojik dan patut secara kronoloji sejarah ceritanya pasti sama kerna Allah yang membina pentas dunia ini untuk melihat lakonan manusia sebenar maka bagi orang yang waras fikiran inilah bukti Allah adalah Allah yakni tunggal maha pentadbir atau pengarah segala urusan dunia untuk mencari hamba2 nya yang layak mewarisi syurga Allah memang sukar,
jika anda pilih mahu selamanya di neraka hanya perlu mati di luar islam
jika sanggup transit di neraka mati dalam islam tapi masih berdosa kerna amal yang kurang

dan golongan yang bertuah yakni banyak amal baik layak memasuki 8 pintu syurga yang di sediakkan
bersambung Allah hu aklam

Translate it by Google Translator