30 August 2011

Irene Handono: Menyaksikan

Irene Handono: Menyaksikan

Jumat, 15 Mei 2009 03:05 WIB
'Itu bukan sebuah pikiran. Tapi sebuah film di depan mata saya tentang hidup saya sendiri. Semua lengkap, sangat jelas.'

Ketika menjadi mualaf pada 1983 lalu, mantan biarawati Irene Handono, menyimpan perasaan bahwa Allah tidak adil terhadap dirinya. Ia terus bertanya dan berusaha mencari jawaban mengapa ia dilahirkan sebagai non-Muslim. ''Kenapa saya tidak dilahirkan dari keluarga Muslim yang taat. Apa alasan Allah menjadikan saya sebagai mantan kafir,'' kata pemilik nama asli Han Hoo Lie ini.

Hingga 1991, pertanyaan itu belum juga terjawab. Jawaban akan kegelisihan hatinya baru muncul ketika menunaikan ibadah haji pada 1992. Wanita berdarah Cina ini berangkat haji bersama 400 orang jamaah reguler lainnya yang tergabung dalam kloter 18 dari Embarkasi Surabaya.

Di Tanah Haram, jawaban dari Allah itu didapatkannya. ''Ternyata Allah sayang kepada saya. Allah memilih saya menjadi salah satu hamba pilihan,'' ujar Irene saat ditemui di kediamannya, di Bekasi, beberapa waktu lalu. Ketika berada di Tanah Haram, Irene kerap mengalami peristiwa yang dinilainya luar biasa. Ia berkisah, ketika berada di depan Ka'bah, dirinya mengambil tempat garis lurus sejajar dengan letak Hajar Aswad. Ia sempat menggigit lidahnya untuk membuktikan jika dirinya tidak sedang bermimpi.

Pendiri Irene Center ini menuturkan, selama melakukan ibadah di Masjidil Haram, ia kerap diperlihatkan gambaran seperti sebuah film ten - tang kronologi hidupnya dari kecil hingga dewasa. Bungsu dari lima bersaudara ini tak kuasa membendung tangis. Ia bersedih melihat gambaran tentang dirinya ketika masih menjadi non-muslim. ''Itu bukan sebuah pikiran. Tapi sebuah film di depan mata saya tentang hidup saya sendiri. Semua lengkap, sangat jelas,'' ungkapnya.

Saat diperlihatkan Allah tentang jalan hidupnya di masa lalu, putri pengusaha ini pun ber - sujud dan melakukan muhasabah. Dari instro - peksinya, Irene mengikrarkan diri ingin me - wadahi para mualaf agar terus eksis di jalan Allah. Menurutnya, selama ini, tak sedikit mualaf yang dibiarkan dan tidak dibimbing hing - ga keimanan dan keislamannya tetap dangkal. Bahkan ada yang kembali menjadi murtad.

Di Tanah Suci, mantan mahasiswi Institut Ilmu Filsafat Theologi ini juga mengalami peristiwa luar biasa. Menurutnya, dari Muzdalifah menuju Mina, kelompoknya terpecah menjadi dua. Ada yang naik bus, ada yang harus jalan kaki. Ia pun mengalah memberi kesempatan pada jamaah tua untuk naik bus. Akhirnya ia berjalan kaki bersama rombongan yang dipimpin seorang ustadz dari kloternya. Namun tiba-tiba, jalan yang dilewatinya dipenuhi lautan manusia. Ia pun terpisah dari kelompoknya. Di tengah kebingung - annya, ia mencoba mencari jalan sendiri menuju pemondokannya di Mina sambil terus berdoa, dan bertawakal.

Untuk menutupi rasa haus dan lapar, wanita kelahiran Surabaya 30 Juni 1954 ini hanya meminum air zamzam yang ternyata mampu membuatnya sangat kenyang. Di tengah upayanya dan terus berdoa, tiba-tiba ia merasa ada yang menuntunnya menuju sebuah masjid. Setelah menunaikan shalat di masjid tersebut, ia pun bertekad akan melanjutkan pencariannya. Namun begitu keluar dari masjid, di pintu gerbang ia melihat pemimpin rombongannya. Ia pun akhirnya menuju pemondokan dan ternyata rombongan yang menggunakan bus belum tiba. ''Ini sungguh di luar nalar, tapi itulah kenyataannya. Saat kelompok yang menggunakan bus tiba, justru banyak yang sakit,'' ujarnya.

Air matanya kembali berurai ketika esok harinya, ia menggunakan bus dan melewati jalur yang ditempuh ketika ia tersesat. Ternyata selama ketika tersesat, ia mengitari Kota Mina. ''Tapi ketika saya berjalan kaki cuma setengah jam. Bayangkan mengitari sebuah kota hanya setengah jam, Masya Allah,'' ujarnya. Wanita yang sudah tiga kali menunaikan ibadah haji ini mengaku, ada banyak hal ghaib yang sulit dianalisisnya selama di Tanah Suci. Hal itu membuatnya kembali merenung dan menyimpulkan bahwa Allah Maha Kuasa atas segala hal.c68/kem

Redaktur:

STMIK AMIKOM

69 comments:

Anonymous said...

wah kalo yg satu ini mah manusia kontol

Anonymous said...

Alloh nya kurang kerjaan....masa yang naek bus dan pada tua-tua dibikin menderita....

ryfashions said...

Saya senang membaca cerita seperti ini, bisa menambah keimanan kepada tuhan yang maha esa

Lion_kid said...

Semoga orang" yg dangkal itu dibukakan mata hatinya..Amin.

Anonymous said...

kami itu yang manusia konyol

Saint Mary said...

Kisah yang tak menarik.... Coba adja baca "kisah Romo Mangun ".....

Ucup Baba said...

@Anonymous said: seharusnya anda beruntung Beliau dengan ihlas tanpa paksaan serta tanpa iming2 mau Menceritakan dan berbagi kisahnya, yg bisa memberi pencerahan kepada kita semua, membuat kita sadar bahwa ilmu kita masih dangkal, bukan cemooh dan penyangkalan

gates said...

anonymous sid; dasar orang kafir bs na cm mencemooh orang aj,manusia ko dianggap tuhan,manusia tetap manusia smpai kapanpun.camkan itu,

Manusia Waras said...

Gates (dan Muslim lainnya mungkin) adalah salah faham. TIDAK seorang pun Kristen yg mempercayai bahwa manusia dapat menjadi Tuhan. Yg benar dan kami imani adalah sebaliknya: Tuhan menjadi manusia. Mau jadi apa pun Tuhan bisa lakukan. Menjadi manusia tidak sulit bagi Tuhan. Yang tidak bisa dilakukan Tuhan hanya satu yaitu: mengingkari janjiNya yg sudah tertulis dalam Alkitab. Bahwa Dia dengan jelas sudah berjanji akan melemparkan ke neraka orang-orang yg tidak percaya bahwa FirmanNya telah menjadi Manusia. Firman Allah dan Allah sendiri tidak dapat dipisahkan. Keduanya satu hakekat. Seperi manusia dan pikirannya tidak bisa dipisahkan. Manusia saja bisa menuangkan pikirannya dari dirinya ke atas secarik kertas. Apa susahnya Allah menuangkan FirmanNya menjadi sorang manusia.

Kami percaya kepada Firman Hidup yaitu Yesus bukan karena kepandaian kami. Tapi karena Roh Allah menanamkan iman percaya kepada roh kami. Engkau tidak akan pernah mengenal Allah kami kalau bukan Dia yang mengenalkan dirinya kepada engkau. Pikiranmu tidak muat untuk menampung Allah Kristen yang Maha Besar.

Saya mempunyai Alquran (teks Arab dan Indonesia). Kesimpulan saya bahwa karakter dan sifat Allah kami jauh berbeda dgn Allah Swt di Alquran. Allah Swt porno. Allah kami kudus. Allah kami memanggil kami ke sorga bukan supaya dapat 72 bidadari bermata jeli. Kami akan bersama-sama dengan Allah di Sorga, bernyanyi dan memuji Allah selama-lamanya. Janji itu pasti di dalam Kitab Suci. Bukan insya Allah. Allah tidak bisa mengingkari janjiNya. Jadi kami ke sorga bukan bermaksiat dgn bidadari.

Kalau engkau mau sedikit saja berfikir, mangapa Alquran menjanjikan bidadari bermata jeli di dlm jannah, maka engkau akan tahu bhw ajaran Alquran itu tidak bisa diterima akan manusia yg sehat.Tetapi Muhammad sudah menutup logika pikiranmu yg diberikan Tuhan kepada semua manusia ciptaanNya.Tuhan menciptakan manusia dgn sempurna lengkap dengan pikiran yg sehat.

Kami tidak membenci seorang pun muslim. Mereka adalah sama seperti kami. Kami hanya benci kepada syariat Islam. Dalam pandangan kami islam telah memperbudak muslim. Dan mereka tidak akan mampu keluar dari islam hanya dengan dirinya sendiri. Banyak muslim sudah keluar dari islam, dipanggil oleh Yesus Kristus melalui visi penglihatan atau mimpi. Seperti yg tertulis dalam Alkitab (Kisah Para Rasul 2 : 17).

Saudara-saudara yg muslim mungkin membenci tulisan saya ini. Dan saya tahu islamnya itulah yg menyebabkan rasa bencinya itu.

isa sang utusan said...

manusia waras@anda sebenarnya tidak waras tapi mengaku waras,
kalau anda waras kenapa anda tidak berfikir dengan akal sehat anda?
coba fikir!
1.kalau tuhan menjadi manusia apa itu tidak turun derajatnya?
2.apa gunanya?memangnya tidak ada kerjaan kali ya?kalau memang hanya untuk menyebarkan kasih,kenapa tidak langsung diatur supaya manusia langsung penuh kasih?
3. kapan allah mengatakan menjadi manusia?
4.kenapa harus percaya kepada kitab yang buatannya manusia?
apa bukti kalau injil itu benar firman tuhan?
4 pertanyaan ini saja pasti tidak bisa kamu jawab

sambel-ulekmaknyus said...

Beginilah bila manusia saling berdebat, tiada hasil tiada akhir, masing2 manusia hendaknya memilih agamanya yang paling cocok, paling benar, paling sesuai, menurut hatinya masing2...."Untukku agamaku, untukmu agamamu"... saling menghormati, tunjukkan dalam sikap, teori gampang, tapi wujud dalam berperilaku itulah yang sulit....

kalimin said...

manusia waras tapi goblok.

irwan said...

Berarti mungkin Tuhannya udah desperate berulangkali kirim nabi ga sadar2 manusianya sampe turun dan akhirnya desperate menebus dosa dengan nyalib nyawanya.
btw, kalo judulnya menebus berarti ada yg barang ditebus yaitu dosa, ada si penebus yaitu yg diyakini sbg yesus, ada orang yg ditebusi yaitu manusia, dan pastinya ada yg ditemui oleh si penebus which is God. dengan kata lain yesus bukan Tuhan, karena kalau dia tuhan, lantas dia menebus dosa kepada siapa?

irwan said...

buat @manusia waras :
anda tau, Tuhan kami memiliki segala sifat yg ada difikiran anda manusia.
kalau tuhan anda kudus, kami juga punya maha suci, maha agung, maha bijaksana, maha pengasih, maha penyayang, dan masih banyak yang lainnya. kalau menurut anda tuhan kami porno, think again... yg memberi cap porno itu otak anda, apa yg porno dengan bidadari?
mengenai syariat, anda tidak mengerti makna terkandung dibalik syariat islam. anda hanya menilai dari satu sisi pemikiran anda saja.
dan fyi, lebih banyak kristen yg jadi mualaf krn mereka tercerahkan.

wiro sanjoyo said...

pangkal penyimpangan dari nashoro (nasrani) yang ber-injil dibawakan oleh Nabi Isa (Yesus), menyimpan kearah kristen yang diciptakan oleh paulus yang mengaku bertuhan yesus kristus (bukan Nabi Isa)ini karena cara pandang paulus terhadap kemukjizatan dan beberapa dilebihkan oleh Allah kenabian/kerosulan beliau(Nabi Isa) : - diperkuat dengan Roh Kudus (malaikat); - lahir tanpa bapak; - atas ijin Allah beliau menyembuhkan orang buta sejak lahir, - atas ijin Allah beliau membentuk burung dari tanah liat, hidup dan bisa terbang; - dsb, tidak memandang kekuasaan Allah atau ingkar!!!!!hal ini lantas dianggap anak tuhun (bukan Tuhan Allah)--- apa mau Allah dibingkai dalam trinity ---disamakan dengan ciptaan-NYA. kalau mau bener si paulus memandang semua ini tanda2 kekuasaan Allah, jadi tidak samai keliru hingga saat ini, kasihan deh berbicara tuhan kok,jadi tuhan serendah ciptaanNYA, mereka mau tuhannya kantuk, sedih,makan dsb. Lagi jadi manusia kali tuhannya duh, jadi lagi down grade,astaghfiruLLAH

adexander pato said...

udahlah . . .lakum dinukum waliyadin.

antoro said...

cman pngin tanyak..;
1.kpan dan pernahkah yesus mngaku dia itu tuhan ?
2.dlm bibel adakah mnyuruh umatnya beribadah hari minggu ?
3.apakah yesus pernah mengatakan bahwa agama yg diajarkannya itu bernama kristen ?
4.maaf..apa yesus slama jadi manusia juga maem-e'e'-tertawa dan nangis ?

Anonymous said...

jika kristen benar buktikan

markus 16:17-18
akan ada tanda tanda bagi pengikut yg setia, bisa berbahasa asing, minum racun yg mematikan tdk ada akan mati.

ada yg bisa buktikan? bahwa pengikut setia kristen tdk akan mati minum racun?

ayo? buktikan?

ferry said...

ISlammm JanCOK KHontol Mana ALLAH SWT mu cok?? iso opo koe cma isanya bakar2 gereja?? apa itu yg dinamakan beribada?? dgn gayanya sholat 5 waktu Gatell Asyuuu Khontol mkn tu cok FUCK or Islam!!!!!!

ferry said...

to anonymous@ GOBLOK koe pkir LIMBAD ta? loe pkir org ngikutYesus bisa kyak LIMBAD??? klo ikut SETAN iy..
kyak agama klian "
ISLAM GATEL"

ferry said...

yang tidak Terima silahkan Balas comment saya ISLAM FUCKErsss..

Anonymous said...

@ ferry

berarti anda sangat benci agama ini, hati hati loh kebencian bisa berubah jadi cinta!!!

saat kau jadi cinta, kau akan memenggal tangan mu sendiri.

pedang pembela islam said...

wallahua'lam...
Jgn menghina...
Karna d blik smua itu ada hikmahnya...

pedang pembela islam said...

@ferry: insya Allah,kau akan menuai buah atas kelakuan dan perkataanmu itu...
Karna sungguh,aku tidak terima,islam agamaku kau hina sedemikian rupa...
Jd memang seperti itukah ajaran tuhanmu itu...
Membenci mencela dan menghina kaum selain kristen...
Katanya tuhanmu mengajarkan cinta,kasih,dan memaafkan,, tp tak d ajari cara menghormati...
KARNA sesungguhnya yang paling KONTOL KHONTOL itu adalah Kamu dan tuhanmu...!!
Klo gk terima, balas comentku...

Anonymous said...

Kenalilah diri sendiri maka akan mengenali...Tuhannya....''sejatinya diri dan tuhan...

Anonymous said...

Assalammualaikum wr.wb.
Saudara - saudaraku semua nya, janganlah kau menghina suatu agama. Untukku Agama ku. Untukmu Agamamu.
Sy sendiri pernah membaca kisah Hj.Irene dan subhanallah. Allah telah memberikan hidayah kepada beliau.

Untuk non muslim, tolong kalau berkomentar di telaah dulu jangan emosi yg selalu menyelimuti dirimu.
supaya kalian menyadari arti agamamu seperti apa. Silahkan buka link ini dan semoga bermanfaat.

http://ita081325537150.wordpress.com/dialog-islam-kristen/

http://kristen.nab.su/home/file.html

Wassalam.

Anonymous said...

yang pasti bahwa:
*ISLAM tidak pernah menghujat Nabi Isa as (Yesus) sebagaimana kaum Kristiani menghujat Rasulullah Muhammad SAW.
*ISLAM tidak pernah memaksa orang utk masuk Islam sebagaimana kaum Kristiani menyuruh menginjili seluruh dunia & menghalalkan kebohongan utk kemuliaan kerajaan Allah (baca surat Roma)
*ISLAM berjalan sesuai dgn konsep ''rahmatan lil alamin'' sedangkan Kristiani saat ini berjalan di luar ajaran Yesus yang menyatakan, ia hanya diutus utk domba yg hilang dari ISRAEL, bukan utk DUNIA
*ISLAM tidak pernah mengalami revisi ayat2 Al-Quran, tapi Bibel mengalami revisi berulang2 dengan banyak versi dan mengandung ayat2 porno dlm Perjanjian Lama (Yehezkiel, Kidung Agung, dll) dan itu sangat vulgar! Sampai2 pemuka agama Kristen sendiri menyuruh utk menjauhkan Bibel dari anak2! Padahal anak2 Islam justru sudah mulai belajar Al-Quran sejak usia dini.

Anonymous said...

kristen cuma bikin malu agamanye sendiri ya..?? wkwkw.,,. dodol.. susah dah kalo punya tuhan gondrong..!!

Anonymous said...

asal tahu aja,umat kresten di indonesia itu hanyalah efek samping dari misi penjajah belanda dancuk asu, warisan belanda tai kucing..

sekarang coba saya tanya, bila misalkan kita hidup dalam masa penjajahan belanda dulu, kamu orang2 kresten apa yang kamu lakukan?? ikut berjuang membunuh kresten2 belanda itu ato pilih membantu kresten belanda membunuh pejuang indonesia??

inget!!! amanat uud 45: penjajahan dan sisa-sisa warisan penjajah harua dihapuskan dari atas dunia!!

Anonymous said...

yang ngomong masih anak-anak semua

Anonymous said...

Perbedaan Islam dan Kristen.
Islam Muncul karena adanya kristen. dasar adalah karena ketidak percayaan orang arab akan penginjilan waktu itu. Orang arab membuat dasar dari orang yahudi. karena memang orang yahudi dari semula tidak percaya yesus itu mesias. orang arab meminta ke orang yahudi untuk dibauatkan sebuah injil yang isinya menyangkal bahwa yesus itu di salib, mati dan dikuburkan kemudian bangkit pada hari yang ketiga dan naik ke surga. dan injil itu ialah injil barnabas yang jelas kalo memang itu injil harusnya sama dengan injil-injil yang lain bukan bertolak belakang sama sekali. itulah sebabnya islam ada sekitar 500 tahunan sesudah masehi.

Anonymous said...

Perbedaan lain adalah pada Yesus Kristus. di Alquran dikatakan yesus tidak disalib tapi diserupakan. ini jelas sebuah hal yang berbeda. padahal ini terjadi di Israel bukan di arab. dasar karena memang orang yahudi sampai sekarang tidak percaya adanya juru selamat. sehingga mereka memutar fakta bahkan salah satunya adalah tentara-tentara romawi yang waktu itu menjaga kubur yesus menyaksikan bahwa batu itu terguling dan Yesus bangkit. kemudian para ahli-ahli taurat membayar mereka untuk menyebarkan bahwa yesus tidak bangkit melainkan di curi oleh murid-muridnya

Anonymous said...

jadi di Alquran jelas menyangkal keberadaan Yesus sebagai Tuhan dan Juru selamat. kemudian seperti yang dikatakan di injil bahwa setelah yesus akan ada penolong yang lain yaitu Roh Kudus, tetapi Islam mengakukan bahwa penolongnya adalah Muhammad. suatu perbedaan yang besar lagi. jika Muhammad adalah penerus yang dikatakan Yesus mengapa Alquran jelas berbeda dengan Injil... padahal Injil sudah adaratusan tahun sebelumnya

Anonymous said...

beberapa pesan.
Manusia itu diciptakan segambar dan serupa dengan Allah dari debu tanah.
Kristen tidak mengenal 3 Allah. tapi satu. Tri tunggal tiga tapi satu, jika tidak ada satu tidak bisa. dasarnya : manusia terdiri dari Tubuh, Jiwa, dan Roh. ada tubuh ada jiwa ga da Roh, artinya Mati. ada tubuh ada Roh ga ada jiwa . berarti koma, pingsan. ada roh ada jiwa tidak ada tubuh, bisa saja hantu. jadi Allah juga terdiri dari 3 bagian Roh itu Roh kudus, Tubuh itu Yesus, Jiwa itu Allah yang menciptakan langit dan bumi. Tuhan kita itu 1, yang menciptakan alam dan segala sesuatunya itu satu. yaitu Allah

Anonymous said...

Al Quran tidak diterjemahkan ke bahasa lain karena akan mengandung maksud lain dan akan membingungkan maksudnya sendiri. buktinya setiap terjemahan selalu ada kata-kata di dalam kurung, untuk menegaskan maksud supaya orang yang membaca tidak berpikiran lain.

yang mau ke mekah, setelah samapi ke kabah, berdoalah dan lihatlah ke atas langit. siapa yang ada di sana, buktikan dengan hati yang sungguh

hamba Allah said...

wajar kristen ngaku agamanya yg benar tp aku heran banyak yang murtad menjadi kristen karena iming2 kekayaan, harta, jabatan bahkan hanya dg sebungkus indomie mereka memperdaya warga miskin menjadi murtad. sebaliknya dg penuh kesadaran dan keikhlasan jutaan manusia didunia memeluk islam tanpa mengharapkan sesuatupun selain ridho nya Allah SWT.

Anonymous said...

he...he... banyak hal yang bisa dilakukan untuk menolong orang lain, itulah artinya kasih, tidak menganggap orang lain musuh. dan orang akan melihat apa itu kasih. manakah jauh lebih mudah memaksa orang mengikuti kita tanpa sesuatu yang nyata atau memberi sesuatu dan menolongnya? karena kita sama-sama ciptaanNYA. tidak ada orang kafir di dunia ini, hanya mereka belum mengerti jalan kebenaran. jadi jika ada orang yang menurut kita kafir ya jangan dimusuhi, atau mungkin dibunuh, bukankah lebih baik jika kita selamatkan diajari ke arah jalan yang benar dan saya yakin pahala kita jauh lebih besar dari pada kita binasakan atau musuhi. Allah itu maha pengasih. kalau kita umat Allah yang benar ya harus mengasihi seperti ada tertulis "kasihilah musuhmu dan berdoalah bagi mereka yang menganaiya kamu"

hamba Allah said...

Sebenarnya banyak sekali yang ingin
saya sampaikan, tetapi yang paling
penting dan perlu anda renungkan
cukup sekitar 7 (aslinya 20) hal,
masalah “hari Minggu” sebagai
berikut :
Allah tidak berhenti bekerja pada hari
Minggu.
Allah dan Yesus tidak pernah
memberkati hari Minggu.
tidak ada hukum yang menyuruh
memelihara hari Minggu
Allah dan Yesus tidak pernah
mengkuduskan hari Minggu
tidak ada pelanggaran hukum jika
bekerja pada hari Minggu
tidak ada berkat yang dijanjikan jika
memelihara hari Minggu
Alkitab tidak pernah menyebutkan
hari minggu sebagai hari ibadah bagi
kristen.

hamba Allah said...

Sebenarnya banyak sekali yang ingin
saya sampaikan, tetapi yang paling
penting dan perlu anda renungkan
cukup sekitar 7 (aslinya 20) hal,
masalah “hari Minggu” sebagai
berikut :
Allah tidak berhenti bekerja pada hari
Minggu.
Allah dan Yesus tidak pernah
memberkati hari Minggu.
tidak ada hukum yang menyuruh
memelihara hari Minggu
Allah dan Yesus tidak pernah
mengkuduskan hari Minggu
tidak ada pelanggaran hukum jika
bekerja pada hari Minggu
tidak ada berkat yang dijanjikan jika
memelihara hari Minggu
Alkitab tidak pernah menyebutkan
hari minggu sebagai hari ibadah bagi
kristen.

hamba Allah said...

Yah….kalau kita berbicara hanya
mengedepankan logika, perasaan dan
pendapat manusia, maka kita tidak
akan pernah mencapai titik temu dan
tidak akan menemukan kebenaran
yang hakiki. Aku ingin bacakan
kepada anda beberapa ayat untuk
anda renungkan dan pikirkan, bahwa
seumur hidupnya Yesus hanya
beribadah pada hari Sabat (Sabtu),
bukan hari Minggu. Tolong baca Lukas
4:16, Lukas 4:31, Lukas 6:6, Lukas
13:10, Markus 1:21, Markus 6:2
Lukas
4:16
Ia datang ke Nazaret tempat Ia
dibesarkan, dan menurut kebiasaan-
Nya pada hari Sabat Ia masuk ke
rumah ibadat, lalu berdiri hendak
membaca dari Alkitab.
4:31
Kemudian Yesus pergi ke Kapernaum,
sebuah kota di Galilea, lalu mengajar
di situ pada hari-hari Sabat.
6:6
Pada suatu hari Sabat lain, Yesus
masuk ke rumah ibadat, lalu
mengajar. Di situ ada seorang yang
mati tangan kanannya.
13:10
Pada suatu kali Yesus sedang mengajar
dalam salah satu rumah ibadat pada
hari Sabat.
Markus
1:21
Mereka tiba di Kapernaum. Setelah
hari Sabat mulai, Yesus segera masuk
ke dalam rumah ibadat dan mengajar.
6:2
Pada hari Sabat Ia mulai mengajar di
rumah ibadat dan jemaat yang besar
takjub ketika mendengar Dia dan
mereka berkata: "Dari mana diperoleh-
Nya semuanya itu? Hikmat apa
pulakah yang diberikan kepada-Nya?
Dan mujizat-mujizat yang demikian
bagaimanakah dapat diadakan oleh
tangan-Nya?

Anonymous said...

Thanks, ada beberapa hal yang mungkin belum kita pahami. Tuhan itu Esa, Alfa dan Omega. Tidak pernah apa yang difirmankan hanya untuk 1 kali saja, tetapi sungguh-sungguh fleksibel. Dalam pengajaran Yesus Ia tidak pernah mengatakan perintah yang to the point, tapi semua lewat perumpamaan dengan tujuan manusia mau belejar-belajar dan terus belajar apa yang Tuhan mau lakukan dalam hidupnya. dan perumpamaan-perumpamaan itu berlaku dalam segala tingkat kehidupan, zaman, usia, dll. sayangnya manusia hanya membaca menurut akal pikiran mereka, bukan memohon tuntunan Tuhan untuk mengerti apa yang mau Tuhan katakan. itulah sebabnya Ia berkata mereka akan mendengar tapi tidak mengerti atau melihat tapi tapi tidak menganggap (Matius 13:13-18..)

Anonymous said...

kemudian tentang hari sabat, bukankah kita semua tau Tuhan menciptakn langit dan bumi dan segala isinya selama 6 hari dan pada hari yang ke 7 Ia berhenti dan menguduskannya? sama seperti kita bekerja selama 6 hari dan kita diminta untuk berhenti pada hari yang ke 7 untuk beribadah kepada Tuhan, mengucap syukur dan lain-lain. jadi kita mau berhenti pada hari senin, selasa, rabu, kamis, jumat, sabtu ataupun minggu ngga maslah yang penting kita sediakan waktu 1 hari untuk Tuhan. Di Alkitab tidak dikatakn beribadahlah hari minggu karena waktu itu tidak ada hari minggu. Yesus melakukan ibadah pada hari sabat, karena adat yahudi pada waktu itu hari ke 7 adalah hari sabat. hari senin sampai minggu adalah hari-hari tahun masehi, dan tahun masehi di mulai dari kelahiran Yesus. sekarang tahun 2012, Yesus lahir 2012 tahun yang lalu. lalu orang mengaitkan hari sabat dengan kata sabbathu, atau sabtu, saya rasa hanya kesamaan kata, bukan maksud.dan di tahun masehi hari ke tujuh adalah hari minggu, kita memulai segala sesuatu pada hari senin hari ke 1, bukankah itu sama dengan hari jumat kita pakai untuk beribadah. ada satu hari untuk beribadah sholat berjamaah kan, jd ga ada masalah

Anonymous said...

Cetek ilmu mu Bro....
[ komen² seperti ini yang nggak ada habisnya dan lama² bikin perang antar umat ]

Anonymous said...

saya dari solo, dulu saya cari yesus di gereja solobaru tapi dia tak disana, kata jemaat dia pindah ke el shadday karena di el shadday AC nya dingin. Tapi waktu ke el shadday saya juga tak menemukan yesus,, dalam hati saya bertanya 'kemanakah yesus?'.. Tapi seorang jemaat mengatakan 'kamu tak akan melihat yesus seperti apa yang dilihat petrus, karena dia sekarang memotong mohawk rambutnya. '
Wkkkkk

Anonymous said...

Pada akhir zaman akan ada penyesatan, bancana, djajal, dan lain sebagainya. dan kiamat akan banyak orang berseru-seru, Ya Allah, Ya Allah, bukankah aku hambamu yang selalu beribadah demi namaMU, beribadah setiap waktu, berbuat kebaikan bahkan mengadakan mujizat demi namaMu, tapi Tuhan berkata, Aku tidak pernah mengenal kamu, enyahlah dari hadapanku hari orang pembuat kejahatan.

Anonymous said...

raimu dewe sing gathel cok,kristen asu.. Zina ya,mabok ya,menjajah dibilang cinta kasih,pendeta ngencok sustere jare disusupi roh kudus(roh kudus kok ngacengan koyok babi),anak ngemprut mboke,mbahe,adine,homo,lesbi kok diolehi?opo bedane karo asu.kon keturunan pengkianat asune londo ta..

Anonymous said...

perang panas apa perang dingin ini... kalau begini cara orang beragama mengekspresikan dirinya, saya pilih jadi kafir sajalah... masuk neraka juga ga apa-apa, rela aku rela... asal aku berusaha hidup baik sama tetanga dan saudara-saudara, taat hukum tak suka menghina, tidak bicara tentang hal yang saya tidak tahu... kalian ini bicara nonsense.

Anonymous said...

Aku mungkin tidak mengimani Muhammad SAW sebagai Rasul, andai dia bisa membaca dan menulis, karena aku takut dia mengarang cerita, tapi setelah aku membaca dan memahami Qur'an dibawanya, tidak mungkin ini ucapan manusia, karena didalamnya mengajarkan tentang proses kejadian manusia, matahari dan bulan berjalan pada rotasinya, mengajarkan kebaikan, melarang orang untuk berzina, bercerita tentang kisah para nabi-nabi sebelumnya, tetapi dia tidak bisa membaca dan menulis. Andai Qur'an adalah ayat-ayat Setan seperti yang dikatakan oleh Salman Rusdi, seingat dalam agama manupun tidak ada Setan yang mengajak manusia kepada kebaikan. Atau andai kata Muhammad SAW adalah seorang gila seperti yang dituduhkan padanya, belum pernah ada manusia gila didunia ini yg mampu menceritakan tentang proses pembentukan manusia. Dalam kitabnya disebutkan Isa adalah Putra Maryam, Isa diciptakan oleh Allah semudah Allah menciptakan Adam tanpa dikandung dan dilahirkan oleh manusia karena Dia (Allah Maha Kuasa) yang kejadiannya beribu-ribu tahun sebelum Muhammad dilahirkan tapi dalam kitabnya diceritakan. Semoga ini semua menjadi renungan.

Anonymous said...

Islam Agama yg paling mulia. Agama lain berusaha menjatuhkan, menghina dan macam2. sy tak tau apa faedah buat mereka. susuatu yg aneh. padahal umat islam beribadat di tempatnya ( mesjid/ rumah ) masing2.
kenapa mereka iri? .
Buat kaum muslim & muslimin, lebih baik memperbanyak ibadat ketimbang melayani umat yg lain. ngabisin waktu. tak be guna.
Firman Allah ( Sesungguhnya Aku ciptakan manusia hanya untuk beribadatkepada Ku )

Anonymous said...

Ada yg berani ?
baca : Laa ilahaillallah.
sejalan aliran nafas kamu sepanjang hari tiap menit tiap detik. tanpa ada interval.

keja jalan terus. karena tdk akan menggangu aktifitas.

siapapun tak terkecuali.

Yoyo Kuye said...

orang kristen yg menjdi mualaf pasti justru,,kristen yg cerdas,bs brfikr mana yg benar&mana yg salah,,hngga menjdi mualaf,namun muslim murtad,tlbh msuk kristen,pstilah orng bodoh g brpendi"kn,yg hny krn perut,,,

Anonymous said...

Apa bukti anda yesus itu tuhan.
Markus 12:29
Markus 12:32
Markus 12:24
Telaah sendiri

Anonymous said...

perjanjian lama .... perjanjian baru .... (masih nunggu sequelnya) perjanjian baru sekali, .... ini kitab suci atau skripsi sih.... kok ada revisinya....

Anonymous said...

Allah Akbar...
Allah Akbar....
Allah Akbar....
Salam hormat saya buat ibu Hj. Irene Handono....
Saya jg mualaf...agama sebenar benarnya agama adalah Islam...
Subhanallah...Allah memperlihatkan saya seperti apa malaikat dan jin semua karena atas ijin Allah Swt...alhamdulillah.
Sedikit berbagi pengalaman,demi Allah...istri kakak saya/kakak ipar saya bekerja di Lembaga Alkitab Indonesia sebagai editor....beliau menceritakan kepada saya, alkitab/injil memang selalu mengalami perubahan/revisi ditinjau dr berbagai bahasa asing dan pengertian dari ayat yg ada di alkitab/injil selalu mengalami perubahan karenanya...apakah bisa kitab suci yg seperti itu bs jd pegangan? Sangat bertolak belakang dengan Al Quran yg tdk pernah berubah isi dan pengertiannya. Dan alhamdulilah lagi..keluarga saya yg msh menganut agama katolik sangat2 bertoleransi...mereka sangat menghargai perbedaan agama tdk seperti orang nasrani yg suka menghujat agama Islam yang mulia. Bahkan saya pernah berpuasa ramadhan di rumah kakak saya...mereka membangunkan dan menyediakan saya makan sahur...alhamdulilah, mudah2an mereka juga diberi hidayah oleh Allah Swt...amiin
Semoga pengalaman saya ini bs sebagai wacana sesama muslim bahwasanya Allah ada dan Islam adalah jalan yang lurus. Dan yang nasrani..belajarlah menghargai agama orang lain..."Bagiku agamaku,bagimu agamamu".

OLD SEAMAN said...

Cerita yang akan selalu menjadi motivasi dalam hidup ini

Anonymous said...

"Kristen meyakini bahwa tuhan berubah jadi manusia,bukan manusia(yesus)menjadi tuhan"keyakinan seperti inilah yg berbahaya.pantas saja di india ada yg yg meyakini tuhan menjadi sapi sehingga tai nya mereka makan dan diusapkan kemuka dengan harapan mendapat berkah.begitu rendahnya orang kafir memperlakukan tuhan.bagi kami orang muslim,Allah adalah yg maha agung,maha suci memiliki asmaul husna,maka mustahil Allah pencipta,pemelihara langit dan bumi bahkan yg tersembunyi diantara keduanya sudi menjadi mahluk ciptaannya,ingat! seluruh mahluk adalah sangat kecil menurut Allah,apamungkin Allah mau berubah wujud jadi manusia,apalagi hewan?nauzubillahimindalik.maha Suci Allah dari apa yang mereka(kafirin)sangkakan.coba pikirkan

Anonymous said...

lord jesus christ" yang diatas comentnya kayak mabok nih (bukankah manusia diciptakan(diprint)dari rupa god the great forafter ever bukan dari cow you cowert.

soooo shut the hell up

damai di bumi seperti di dalam surga= are u kidding me this is a war and the truth ones the war in crime.............peace would never exist for the warriors of war in crime

Anonymous said...

Kalau yang dibicarakan soal penghayatan iman, tidak akan pernah mencapai titik temunya wahai para saudara saudari yang budiman budiwati.

ini soal keyakinan. keyakinan saya seperti ini dan kamu seperti itu. ya sudah. titik. karena keyakinan itu menyangkut pengalaman pribadi.

dan pengalaman pribadi setiap orang berbeda beda. setiap orang yang beriman entah kepada siapapun, pasti pernah disentuh Tuhan dengan caranya sendiri-sendiri.

begitu pula dengan Irene Handono ini saya kira. Jadi mualaf tentu juga karena punya pengalaman pribadi dengan Tuhan yang akhirnya dia imani.

Hanya persoalannya, kalau Irene mulai mengkritik dan menjelekan iman kristen yang dulu dia imani, berdakwah kemana mana dan menyangkal kekristenan, itu yang keliru. Saya kira persoalannya ada pada Irene yang menjadi inti dari tulisan blog ini.

maka mari bicara saja soal perwujudan iman. Perwujudan iman bisa dilakukan bersama demi kemajuan masyarakat dan negara. Iman boleh beda, keyakinan itu sangat pribadi, tapi soal perwujudan untuk sesama dan sekitar bisa dilakukan bersama sama. damai..

kalau irene mengaku pernah kuliah teologi katolik tentu paham soal ini. tapi konon, tingkat pemahaman seseorang juga berbeda beda. ada yang tinggi ada yang sangat rendah. irene barangkali masuk golongan yang kedua.

Anonymous said...

siapa yg pernah tahu orang ini?Dia ini belum jadi biarawati tapi baru Aspiran.artinya tahap awal aja belum selesai.Hebatkan ngaku Biarawati.Dipanggil kotbah dimana mana duitnya banyak.kakakak

Anonymous said...

Ibu Irene sepertinya penuh dendam kesumat....wajahnya lembut tapi isi hatinya yang keluar tajam seperti ujung pisau....

Anonymous said...

ini si lonthe irene handono mungkin ga jd biarawati karena suatu ketika dia jadi biarawati pernah lihat filem bokep... akhirnya dia ga kuat ngeliat konthols... lantas dia murtad dari katholik kemudian masuk islam, trus begitu memeknya kemasukan kontol , diapun langsung menyesal dan berkarta : "kenapa gak dari dulu aja ya gw masuk islam??? enak nih... bisa polygami... tau klo konthol ternyata uenak tenan , dari dulu gw masuk islam...sialan!!! ah..ah...ah... aaaaahhh...oooohhhh... kontolmu enak banget maaassss...terus massss.. yang dalem.... aaaahhh... keparat kristen.. keparat katolik.. aaahhhh... hidup islam... bisa dapet kontol arab ginian... aahhhhh...".
Mungkin kira2 kejadian itulah yg pernah dialami si lonte irene handono sundal!!! gak ngaca dulunya siapa... eeeeee... nongol2 jadi lonthe tukang jual buku eks muratd!! klo emang dia pernah jadi biarawati dan punya anak buah segitu banyak ( menurut cocotnya di VCD tahun 2003 ), tentunya GAK MUNGKIN dia keluar dari katolik!!! percaya deh!!! mungkin waktu di biara dia sibuk nonton bokep yg dikirimin dari pacarnya ato apalah... hehehehehe salam najis buat lo!!! dasar lonthe elek!!! hahahahahaha...

Anonymous said...

waduh komentarnya serem sekali, rupanya orang ini benar-benar terinspirasi dari ayat-ayat tuan porno di bible karena terlanjur dibuka , lalu dibaca, dihayati dan diamalkan sehingga otaknya berisi seperti yang dibaca. Coba kalo yang dibaca itu firman Allah yang suci barangkali pikirannya jadi suci juga.

epi said...

to anonymous 25 oct,,mulutmu jelek sekali,,ato agamamu mengajarkan spt itu??berarti agamamu mngajarkan keburukan,,

bejo aja said...

gw bingung ma Anonymous, dia mahluk apa yaaa....kata2 bgtu kejammmm (gaya lebay) kyk nya dia sakit jiwa...mulutnya bgtu jahat sama ibu irene. btw gw bukan pendukung si ibu. tapi gw juga ga suka ma org yg mulutnya bgtu kotor. terkesan sakit jiwanya blm sembuh walau uda jd mualaf.mmm..mmm..mmm...emg ga mkin sembuh sichhhh. klo ga intropeksi diri ya jgn harap.

bejo aja said...

ok....gw seorng kristen, tp gw ga mengkomentarin tulisan bu.irene gw lg males. krn kmrn2 gw dah buka bbrp tulisan bu irene yg menurut gw dia emg bodoh. dia spt sgt benci sama kristen shg tulisan jd terlihat bodoh, bahkan utk ukuran seorang kristen biasa aja spt gw. bbrp x gw geleng kepala. "STUPID 3X" klo gw jd dia gw ga mkin buat tulisan kyk gt. sebab menunjukan pengetahuan yg dangkal tp cendrung di paksakan. klo ada yg mo tanya tentang apa lo pd cari lah di google. jd lah pembaca yg smart ga cuma baca trs telen tp simak teliti jg.biar para muslim klo mo debate jgn pegang tulisan si ibu ini bisa di ketawain ngakak ma para kristen.

bejo aja said...

gw sedikit ngelurusin.....masalah iman ma Anonymous walau dia ga mkin bisa terima. tp klo kt percaya Tuhan maha kuasa,maha sempurna,maha suci dan maha kudus. bisa ga sich dia jd manusia? percaya ga bhwa Tuhan ada dimana2? bisa ga Tuhan ada di bbrp tempat bersamaan? ga perlu lo bls tulisan gw sebab bsk gw mo cari forum lg yg lbh berbobot.daripad liat tulisan lo yg cendrung jorok. lo jgn berpikir Tuhan itu sebodok otak lo,terbatas dgn moral yg rendah pula.

ok kita bhas berikutnya utk para mualaf....lo percayakan Tuhan di maha kuasa,suci,sempurna,kudus? klo iya maka lo juga percayakan surganya Tuhan jg hrs spt itu, kudus dan suci dan sempurna.truz, lo percaya ga yg masuk surga setidaknya jg kudus dan suci = yup" yg terakhir menurut lo surganya islam spt itu ga???....apakah di alquran jg menceritakan surga yg suci?...dgn para penghuni yg suci? apakah islam membentuk pengikutnya utk menjadi suci agar masuk surga? bagaimana dgn cerita 24 bidadari, trs pesta sex di sorga....CAMKAN....PAKE LOGIKA.....APA YG GW TANYAKAN SGT LOGIKA BUKAN????

bejo aja said...

SIMAK.....INI PUN SANGAT LOGIKA....
trulyislam.blogspot.com

Knp dsni gw neken logika....krn klo iman emg lo pd mudeng, mana percaya gw akan kenabian muhammad tp karena iman lo 100% percaya. lo mana percaya yesus itu Tuhan tp gw 100% percaya....mknya secara iman ga mkin kt ktemu.udahhhh achhhhh

Rury Jang said...

Trus berjuang ibu irene. Biarlah org2 kafir mencacimu. Ttp berjuang di jalan Allah. Semoga anda diberi kemudahan dalam berdakwah.

Azwa Saffrina said...

Hot Milf Takes On Five Hard Cocks And Five Nice Cumshots, Hot Milf takes on 11 inch Huge Black Cock,Big tits blonde milf taking some cock


College Teen Enjoying First Time Sex, Schoolgirl gets fucked in the classroom, Schoolgirl Ruby Gets Fucked in Science Class


Busty Mother Strips for Her Son and Fucks Him, Son Gropes His Busty Mom in Bathroom and fucks her Gently


Dad fucks innocent sweet daughter,Innocent schoolgirl gets fucked by her friend's father, Father fucks young daughter at midnight


Taxi driver fucks wife with her husband in his taxi, Driver fucks busty boss, Taxy Driver Fucking Hard My Mother


Robbers fuck secretary in the bank, 2 trades womens forced to sex with 2 robbers in bathroom, Cute girl forced to have sex by robber


Sleeping mom secretly fucked by her own little boy, fucking mommy secretly rec2, Brother fucks sleeping sister,Brother takes sleeping litle sister


Big boob MILF fucked by her son in low, Big Boobs MILF Fucking Hardcore Scene 15, Hot Milf With Huge Breasts Gets Fucked By Young Stud

Translate it by Google Translator