12 May 2009

Islam di Papua, Fenomena Mempesona


 
 

Ketika orang menyebut Papua, yang terbayang dalam benak adalah kehidupan serba primitif, koteka, dan non-Islam. Faktanya Papua kental dengan Islam

Hidayatullah.com--Papua adalah sebuah fenomena. Selain kondisi alamnya yang asli dengan flora dan faunanya yang memikat, juga kandungan kekayaan alamnya melimpah ruah dengan kehidupan sosial masyarakatnya yang dinamis.

Hingga hari ini, Propinsi Papua masih menyimpan sejumlah misteri.  Banyak orang mengira Papua primitif atau jauh dari Islam.

Padahal, ini kekeliruan fatal. Sebab, sejarawan Barat maupun Islam menjelaskan, agama yang dibawa Nabi Muhammad  Shalallahu 'alaihi wa sallam ini telah hadir di Papua tiga abad lebih dahulu dibandingkan masuknya para misionaris Kristen.

Bila secara resmi Kristen masuk Papua pada tanggal 5 Februari 1855 di pulau Mansinam, Manukwari, maka Islam sudah hadir di Papua pada tahun 1520 sebagai pengaruh dari kekuasaan empat kerajaan terkenal di kawasan Indonesia timur saat itu, yakni Ternate, Tidore, Jailolo, dan Bacan. Nama empat kerajaan ini terdokumentasi dalam penyebutan Pulau Raja Ampat, yang dikenal sampai sekarang.

Uniknya, kedatangan tokoh misionaris bernama CW. Ottow dan GJ.Geissler ke pulau Mansinam justru difasilitasi oleh kerajaan Islam. Kedua misionaris itu diantar langsung oleh tokoh-tokoh Muslim empat kerajaan tersebut. Sayang, maksud baik nan bersahabat ini dibalas dengan pengkhianatan. Sesampai di Papua, tokoh-tokoh Muslim ini justru dibuang ke Maros hingga dibiarkan wafat di sana.

Kini, perkembangan komunitas Muslim di Papua kembali mencengangkan. Bila kurun paruh dasawarsa lalu (1988) jumlah umat Islam berkisar 600 ribu jiwa, kini jumlah sudah menembus angka 900 ribu jiwa. Itu berarti, bila jumlah keseluruhan penduduk Papua 2,3 juta jiwa, maka prosentasi ummat Islam mendekati angka 40 persen. Dan, sisanya (60 persen) merupakan gabungan pemeluk Kristen (Protestan), Katholik, Hindu, Budha, dan Animisme.

Ada pula catatan menggembirakan. Kalau sebelumnya masih ada semacam semacam ketidakrelaan sebagian non-Muslim tentang sejarah kehadiran Islam di sana, maka saat ini telah hadir semacam buku putih yang diterbitkan oleh Pemerintah Papua. Dalam buku tersebut --khususnya pada diktum UU nomor 21 tahun 2001 bab keagamaan-- tercantum bahwa Islam hadir di Papua pada tahun 1518.

Catatan ini tentu saja sangat melegakan kaum Muslimin Papua. Sebab, sebelumnya, buku sejarah Islam Indonesia seolah sengaja menghilangkan keberadaan kaum Muslim di Papua. Dakwah seolah terputus sampai di Makassar, Sulawesi Selatan. Paling banter sampai di Kerajaan Islam Ternate. Papua seolah ''milik orang lain''. [atw/www.hidayatullah.com]


21 comments:

Anonymous said...

Rukun Iman yang kelima: Percaya kepada nabi-nabi


Sudah tentu dari 25 orang nabi tersebut di atas maka yang paling ditonjolkan dan ditinggikan oleh Al Qur'an hanyalah nabi Isa

- Isa Almasih dilahirkan dari seorang perawan suci Maryam ( surat 3 Aali Imraan ayat 42).
- Isa Almasih dilahirkan dari Roh Allah ( surat 4 An Nisaa ayat 171).
- Isa Almasih diperkuat dengan Roh Kudus ( surat 2 Al Baqarah ayat 253).
- Isa Almasih menciptakan burung yang identik dengan Allah menciptakan manusia ( surat 5 Al Maidah 110, surat 3 Aali Imraan ayat 49).
- Isa Almasih adalah manusia suci oleh sebab itu tidak berdosa ( surat 19 Maryam ayat 19).
- Isa Almasih yang tertinggi kedudukannya didunia dan akhirat ( surat 3 Aali Imraan ayat 45).
- Isa Almasih langsung berbicara firman Allah sejak bayi (Maryam 19:30-32).
- Isa Almasih dilahirkan, diwafatkan dan dibangkitkan hidup kembali (Maryam 19:33).
- Isa Almasih disamakan kejadiannya seperti kejadian Adam (Aali Imraan 3:159).
- Isa Almasih menyembuhkan orang sakit dan menghidupkan orang mati (Aali Imraan 3:49).
- Isa Almasih adalah orang yang paling kudus oleh sebab itu tidak bisa disentuh setan (Hadits Shahih Bukhari 1493).
- Isa Almasih lahir firman Allah oleh Roh Allah dan firman kalimahNya (Hadits Shahih Bukhari nomor 1496).
- Isa Almasih adalah hakim yang adil pada akhir zaman (Hadits Shahih Bukhari nomor 1090 dan Hadits Shahih Muslim nomor 127). (hal. 12-14).

Anonymous said...

Nama saya Hisham. Saya seorang Melayu. Saya mula berkenalan dengan orang
Kristian ketika saya mula bekerja pada awal tahun 90an. Seorang kawan saya yang
beragama Kristian pernah menceritakan kesaksiannya bagaimana dia pernah
mendoakan emaknya yang sedang saKit tenat. Selepas didoakan emaknya pulih dan
sihat walafiat.

Selepas saya sembahyang isyak pada malam itu, sekali lagi saya terdengar suara
yang berkata : "Akulah Isa Al-masih". Selepas itu saya tertidur di atas tikar
sembahyang. Kemudian saya terasa ada orang yang kejutkan saya, jadi saya lari
ke bilik dan mula membaca Al-an sehingga tertidur. Pada malam itu Dia datang
lagi dan memegang tangan saya. Daripada jubahnya saya dapat lihat luka yang
sedang berdarah. Saya bertanya kenapa dadaNya berdarah dan tiba-tiba dada saya
juga terasa panas! Pada saat itu saya juga tercium bau wangi seperti wangian
bunga ros. Kemudian saya tersedar.

Saya mula percaya kepada Isa Al-Masih dan saya percaya bahawa Dia adalah Roh
Allah dan juga Kalimat Allah seperti yang tercatat di dalam Al-Anbiyaa' 21:
"Dan (ingatlah kisah) Maryam yang telah memelihara kehormatannya, lalu kami
telah tiupkan ke dalam (tubuh) nya Roh daripada kami dan kami jadikan dia dan
anaknya tanda (kekuasaan Allah) yang besar bagi alam semesta". (Al-Imram 45:
"(ingatlah), ketika malaikat berkata 'Hai Maryam, sesungguhnya Allah
menggembirakan kamu (dengan kelahiran putera yang diciptakan) dengan kalimat
(yang datang) kepada-Nya. Namanya Al-Masih "Isa Putera Maryam, seorang yang
terkemuka di dunia dan di akhirat dan salah seorang di antara orang-orang yang
dekat (kepada Allah).

Setelah saya percaya kepada Isa Al-Masih, setiap kali saya berdoa, saya tercium
bau bunga ros. Dia telah menolong menyelesaikan banyak permasalahan saya selama
ini. Saya telah melihat kuasaNya. Selepas saya mengikut Dia, hidup saya telah
berubah. Kalau dulu saya adalah seorang yang panas baran tetapi kini menjadi
lebih banyak bersabar. Dulu saya juga merupakan seorang perokok tetapi kini
saya tidak lagi terikat dengan rokok.

Kepercayaan kepada Isa Al-Masih membawa jaminan penyelamatan. Ini terbukti di
dalam Al-an Surah Az-Zukhruf 61 yang berbunyi;"hazaasyiraatolmustaqiim", yang
maksudnya; "Ikutlah Aku, inilah jalan yang lurus". Apakah anda bertemu dengan
jalan yang lurus itu?
Sungguh menarik kesaksian en. Hisham tadi. Kenapa en Hisham tiba-tiba mengalami
hal ini?

Maxalmina Ad-Daraquthny At-Tamany said...

Owalah... aku kira yang tulis komen ini si Hisham.

Silakan kunjungi http://antievangelism.blogspot.com

Anonymous said...

"Maka berkatalah Yesus kepadanya: "Enyahlah, Iblis! Sebab ada tertulis: Engkau harus menyembah Tuhan, Allahmu, dan HANYA kepada "DIA" SAJAlah engkau berbakti!"" (Matius 4:10). YESUS NGAJARINNYA SEMBAHLAH "HANYA" "DIA", KRISTEN MALAH NYEMBAH YESUS, DASAR UMAT DURHAKA:D

Dj. Wisnu said...

Subhanalloh,, semoga dengan informasi ini kita dapat meningkatkan keimanan kita kepada Alloh SWT. kita doakan saja semoga mereka diberi kemudahan untuk berdakwah di tanah papua. Amiin..

buat komen pertama :
rukun iman yang ke-5 kan iman kepada hari akhir (kiamat) kok pada nabi2 ??? wong ndeso.. :D

Anonymous said...

Heran...begitu banyak orang percaya bahwa Nabi Isa itu istimewa,,,namun tidak ada yang mendengarkan perkataannya untuk menyembah Allah bukan menyembah dirinya..

Alhamdulillah Rasul terakhir datang (nabi Muhammad SAW). Beliau memurnikan akidah semua manusia dengan menyeru kembali untuk hanya menyembah Allah swt..

GERRY said...

BOHONG>>>>>>>emangnya kenapa.seandainya klo islam udah berkembang pesat 40% kah...80%kahh atau 1000 % sekalipun di papua.no problem,,kan seimbang dengan perkembangan pesat kristenisasi di tanah jawa,,,malah krn saking irinya ulama2 di jawa akan hal ini,,,hingga mrk memprovokasi massa untuk membakar gereja2.
kamu itu buat STATEMENT BOHONG,,,yg muslim dipapua itu kebanyakan pendatang2 muslim yg membawa sanak keluarganya,,klo masyarakat aslinya adalah pengikut KRISTUS,bukan hanya Masyarakat asli papua yg dikota2.malah yang di hutan2pun fanatik terhadap agama kristen mrk. karena ajaran muslim itu sangat2 bertolak belakang dengan kebudayaan papua. bisa saja mereka masuk muslim asalkan kyai,ulama,atau ustad2 mau makan babi,atau keliling kota pake koteka,,,mau nggak ztad????? ngak usah macam2lah disana,sebenarnya orang papua itu kelihatannya terbelakang secara kasat mata,tapi yg kalian tidak tahu adalah...orang PAPUA itu mempunyai prinsip yg kuat,komitment yg tinggi akan apa yg diyakininya,serta mempunyai pengetahuan politik yang kuat.percaya ngak percaya"tau nggak ,pace2 dan mace2 di papua itu lebih menuruti PENDETA dibandingkan PEMERINTAH.mana mau mrk diajak ustad.
INILAH YG AKURAT TENTANG PAPUA

Anonymous said...

banyak orang di Indonesia barat gag tau persis gimana Indonesia Timur........gw tinggal di ambon n sering menjelajah Papua juga.......muslim banyak di sana....masjid banyak juga.....bahkan di Fak-fak itu penduduk asli banyak yg muslim........dan islam akan berkembang di tanah Papua....

Anonymous said...

yang ditemui hisham jin kafir kali, ato setan, kalo dia memang YESUS beneran, dan dia kepengen orang2 di dunia ini menyembahnya,
kenapa 'Yesus' itu g dateng k masjid ato ke pura, ato ke rumah gw, biar gw juga percaya sama dia... Nah lo... Lols ?XD
jangan deh jadi kyk dia, murtad. :x∂

Anonymous said...

Untuk saudara GERRY yang katrok, bacalah sejarah dengan baik, Islam datang dengan damai, sedangkan K*****n dengan imperialismenya gold, gospel, dan glory. Makanya saya tidak heran, jika Papua doyan mabuk dan makan babi yang penuh dengan penyakit, ya wajarlah karena mayoritas agamanya adalah K*****n. INILAH YANG AKURAT TENTANG PAPUA.

Anonymous said...

ss:

kemunafikan adalah ciri ketidak benaran.

Mengapa mempersoalkn agama, dan menjadikan kalian yg merasa lebih rohani dan hebat dari yang lain adalah tanda tidak menghidupi agamanya. agama bukan menjadikan peperangan, kebencian, dan dgn alasan agama kalian membunuh. apa kalian sudah menghidupi agamamu. Agama adalah buatan ritual manusiawi, sedangkan hakekatnya adalah perilaku rohani yg menerima, mengasihi, mengampuni.

ketidak dewasaan rohani adalah mempersoalkan makanan dan minuman dan menjadikan permusuhan. apakah kalian di sorga makan dan minum?

manusiawi duniawi yang penuh dengan nafsu, keserakahan, perselisihan, pembunuhan, perzinahan, nafsu bengis, kekejaman, dan kebohongan.. muncul dari gelap.

sebelum berkata-kata, cermatilah dan selidikilah dalam-dalam kata-katamu, sejarah yg kamu katakan.

apa yg sedang kita bangun kerajaan manusiawi atau engkau sedang melampiaskan manusiawimu....
TUHAN yg benar tidak pernah menginginkan kekacauan, kebohongan, keserakahan,tipu muslihat, dan pembunuhan...

Bertobatlah dari prilaku yang merasa rohani krn ajaran manusiawi berkedok agamawi buataan tangan manusia,...

Buka hatimu u yang baik, usahakan yang baik, carilah perdamaian yg seorang dgn yang lain jgn berperang, jangan bersilat kata yg hanya menimbulkan perselisihan dan pembunuhan...

sadarilah dirimu di hadapan-Nya itu..

sayangilah orang dgn orang ....

Anonymous said...

Agama adalah masalah hati, kebenaran pasti kan terungkap pelan tapi pasti...semua karena Kuasanya

kurangilah debat, agama bukan untuk hebat2an, banyak2an, kuat2an...karena sejatinya agama adalah jalan yang akan memandu kita kembali kepadaNya.

karenanya mulailah hidup dengan jujur, karena agama tidak mengajarkan kemunafikan, agama itu cahaya dihati mereka yang bisa membedakan kebenaran dan kesucian, agama bukan kepercayaan dari nenek moyang, tapi agama adalah kebenaran yang harus kita cari dan gali, buka mata dan hati. benarkah agama yang telah kita anut ini, kita ini beragama karena orang tua, karena doktrin, karena ikut2an, atau karena kita benar2 mencari dan menemukan kebenaran, jangan tutup hati, teruslah belajar. karena orang bodoh dan salah adalah yang berhenti belajar dan menganggap diri paling benar.

jauhi penipuan berkedok agama, akui kalau kita salah...ingat Tuhan tau isi hati kita, dan SiksaanNya begitu keras dan menyakitkan,,,

berapa lama sih kita hidup, lihat tubuh kita makin lama makin lemah dan tak jarang penyakit datang silih berganti, kita pasti mati, dan semua perbuatan kita ada balasannya. ingatlah jangan jadi orang yang menangis dibelakang hari...

damai itu indah, karena dengan damai kebenaran akan nampak diantara ilmu dan kesabaran..bukan doktrin pembenaran tanpa bukti dan penuh rekayasa yang berganti-ganti atas nama agama..

Anonymous said...

benar...jauhi yang namanya bohong dan kemunafikan...
jangan penggal2 ayat2 suci Agama lain...yang jujur dengan diri sendiri...baca kitab suci itu sampai akhir jangan setengah2 dan dipilih kata2 yang seolah2 membenarkan agama tertentu...pahami tata bahasa, artinya dan tafsirnya ...teruslah belajar jangan hanya jadi pecundang...

oke damai itu indah...jadikan agama sebagai tameng kita didunia dari kebohongan dan kemunafikan dan diakherat dari api yang membakar...

orang pintar mencari kebenaran bukan seperti orang bodoh yang selalu mencari pembenaran...

pendekar awan api said...

Lagi Debatin Apa sich????? Soal agama asli di papua??? Bodo amat mo beragama mo kagak...yang penting gua..happy aja nambang di daerah freeport

nino said...

soal statistik islam jagonya, sampai2 dari jaman soekarno sampai soesilo islam tetap 90% di indonesia.. anda percaya ?
soal perkembangan islam di papua adalah 10% perkembangan kristen di jawa
soal islam lebih dulu di papua sebelum kristen adalah propaganda paling kejam.. orang jawa lupa bahwa agama nenek moyang mereka sebelum islam adalah hindu budha.
so buat papua kalian harus bangga kenapa tanah papua sampai jaman modern ini masih tetap tak terbatas SumberDayaAlamnya karena Alkitab menjaganya warga papua takkan pernah takut kelaparan " makanlah apa yang ada pada hari ini dan jangan takut akan hari esok karena burung2 di udara saja Tuhan pelihara mereka apalagi umatnya"
tetapi kalo al-koran mah papua udah kelaparan kaya somalia yang kelaparan dan doyan merampok..
HITAM KULIT KERITING RAMBUT AKU KRISTEN PAPUA

Anonymous said...

menanggapi Hisam dr Melayu. Sy melihat kerancuan logika anda, anda mengangkat ayat al_quran untuk membenarkan Kristian (Isa memiliki sifat ilahiah). Bukankan untuk membenarkan pernyaatan anda maka terlebih dahulu kita harus membenarnya dasar argumen anda yaitu ayat alquran yg anda angkat. bukankah dengan demikian anda secara tidak sadar atau mungkin pura2 tdk sadar telah membenarkan kita suci orang muslim.

Anonymous said...

percuma ngomong masalah agama kristen kalo yang diajak ngomong hanya mencari KEMENANGAN/PEMBENARAN. sampai berludah-pun, kalo dengan niat seperti itu, hanya capek yang diperoleh. buang dulu niat jadi PEMENANG (dalam debat) dan niatkan mencari KEBENARAN. sebagai muslim saya hanya mengingatkan, jangan menghina ajaran lain (non muslim/kristen), sebab Allah SWT adalah Dzat Yang Maha pembolak-balik hati manusia. siapa tau saudara kristen kita suatu saat mendapat hidayah setelah menjelek-jelekkan ajaran Islam. dan tidak memungkinkan jika akhirnya Allah mencabut hidayah dari kita (muslim), nauzubillah mindzalik. biarkan saja para kristiani mengeluarkan statement seperti apa (selama masih dalam lingkup ini), yang penting 'balaslah' dengan cara yang diperintahkan oleh agama (cara yang baik).

Anonymous said...

AKU HANYA
MEMBERITAKAN
KEBENARAN , JIKA TIDAK
SETUJU , SANGGAHLAH
BERDASARKAN KITAB SUCI
YANG ANDA IMANI ,
Jangan asbun aja
BACA DENGAN TELITI dan
RENUNGAN !!!
--------------- --------------- ----
--------------- --------------- ----
--------------- -----------
PENGERTIAN TRINITAS :
TUHAN MENCIPTA
DIPANGGIL BAPA,
TUHAN BERFIRMAN
DALAM NAMA ANAK
(JESUS),
TUHAN MEMBIMBING
DISEBUT ROH KUDUS.
1 X 1 X 1 = 1
INILAH PENGERTIAN
TRINITAS
JESUS ADALAH TUHAN
(YOH.1:14 dan
YOH.13:13).
JESUS BERKUASA DI
SURGA (MAT.28:18).
JESUS DISEBUT ANAK
TUHAN ADALAH
ANALOGIS , BUKAN
BIOLOGIS ,
CONTOH : ANAK KONCI ,
ANAK TANGGA , ANAK
MAS , DLL.
=============== ====
=============== ====
=======
ALLAH DI AL QURAN
MENYATAKAN DIRINYA
DENGAN SEBUTAN = KAMI.
APAKAH TAUHID , AJARAN
MENYURUH MENCIUM
HAJAR ASWAD ???
=============== ====
=============== ====
=============== ====
========
ALLAH MENGAKUI ISA
ADALAH KALIMATNYA dan
ALMASIH dan TERKEMUKA
DI ALHERAT (QS.3:45) dan
ISA ADALAH SUCI
(QS.19:19).
SIAPA YANG BISA
TERKEMUKA DI AKHERAT
dan SUCI DI DUNIA ?
ADAKAH AYATNYA UNTUK
MUHAMMAD ?
=============== ====
=============== ====
=======
=============== ====
=============== ====
=============== ==
AKU HANYA
MEMBERITAKAN
KEBENARAN , JIKA TIDAK
SETUJU , SANGGAHLAH
BERDASARKAN KITAB SUCI
YANG ANDA IMANI ,
Jangan asbun aja.
BACA DENGAN TELITI dan
RENUNGAN !!!
--------------- --------------- ----
--------------- --------------- ----
--------------- -----------
Dosa MANUSIA pasti lebih
> dari amal (berarti tidak
bisa bertakwa) , maka
akan masuk neraka dan
tidak akan dikeluarkan
lagi (QS.19:71-72).
Bertobatlah se-
murni2nya, mudah2an
masuk surga (QS.66:8).
Untuk bertakwa harus
mengikuti petunjuk dan
pengajaran dari Injil
(QS.5:46) , karena
Muhammad mengakui
Isa adalah Kalimatnya /
FirmanNya dan Almasih /
Juruslamat dan
terkemuka di dunia -
akherat (QS.3:45). Dan
Isa adalah Suci
(QS.19:19).
Siapa yang bisa
terkemuka di akherat
dan Suci ???
Pasti TUHAN YME.
Jadi Isa adalah Tuhan
YME.
Mana ayatnya untuk
Muhammad ?
=============== ====
=============== ====
=============== ====
===============
Untuk yang kurang
pengetahuan :
Anda baca juga Al Quran
terbitan Arab Saudi
terjemahan bahasa
inggeris , tertulis Isa
Almasih = Jesus Christ.
=============== ====
=============== ====
=============== ====
=============== =
JADI JESUS ADALAH
TUHAN 100% DAN ATAU
MANUSIA 100%.
ALKITAB SUDAH
MENGATAKANNYA LEBIH
DAHULU :
JESUS ADALAH TUHAN
(YOH.1:14 dan
YOH.13:13).
JESUS BERKUASA DI
SURGA (MAT.28:18).
=============== ====
=============== ====
=============== ====
=============== ===
Anda yang Muslim , jika
tidak percaya , berarti
melecehkan Muhammad ,
karena Muhammad
mengakui Isa adalah
KalimatNya / FirmanNya
dan Almasih/ juruslamat
dan terkemuka di
akherat (QS.3:45). Dan
Isa adalah Suci
(QS.19:19).
Siapa yang bisa
terkemuka di akherat
dan Suci ???
Jadi Isa / Jesus adalah
Tuhan YME.
ADAKAH AYATNYA UNTUK
MUHAMMAD ?

Anonymous said...

Kebanyakan yang murtad itu adalah org2 miskin yang minim pemahaman agamanya ttg islam,spt kt ketahui kefakiran itu sangat dekat dengan kekafiran.di kampung saya d tanah jawa bnyk bgt yg menukar imannya dgn sekardus mie instan,katanya dr pd kelaparan.mmg tdk bs d slhksn jg,para pemimpin kt yg konon beragama islam pada sibuk korupsi berjamaah,rakyat yang sengsara tdk ada yang peduli.ga usah jauh2,apakah kt prnh peduli dgn tetengga kt yg miskin?apa kt pnh peduli mrk sdh mkn atw blm?ini catatan pntg buat umat islam.kalau bukan kita siapa lg yg akan peduli? Yg pasti para missionaris akan memanfaatkan kesempatan ini...


Anonymous said...

Jng diperdebatkan deh,,toch iman seseorg itu tergantung dari cara pandang msg2. Jng saling menghujat ato menghina,ga ada kelar@ jg kan. Toch musuh qt adalah diri qt sendiri yaitu nafsu dan keinginan. Kalo ingin lbh tau knp islam dan kristen (nasrani) trus berdebat itu krn qt di adu domba.. Krn pd dasar@ islam mengakui agama langit (samawi) dg ayat suci@ yang murni. Trus siapa yang mengadu domba kita,,banyak2 baca buku berbagai artikel ttg yahudi yang menganggap diri sbg ummat paling mulia. Isa yang dianggap kristen sbg tuhan itu dipercaya muslim sbg nabi ke 24 dari 25 nabi yang wajib dipercaya. Jd,bwt apa kita bertentangan krn "agamamu untukmu,,agamaku milikku" atas dasar saling menghargai tanpa saling menghina akan tercipta kerukunan..mgkn smua agama mengajari hal itu krn smua agama mengajarkan kbaikan bagi penganut@,bkn mencela perbedaan. Kalo dr muslim yang menghina tuhan@ org kristen sama ajj menghina nabi isa,,tp apabila harus saling memberi pendapat,awali dg baik2 dan kemukakan dg cara yang baik tanpa menyakiti yang lain. Mgkn bagi umat nasrani ada baik@ mbaca bloq ini tidakmenarik.wordpress.com/2012/02/29/misteri-injil-kuno-pengungkap-kerasulan-muhammad-saw/
Dan bagi muslim,,berdakwah dg kata2 dakwah dan bersyiarlah spt anjuran Al-qur'an dan hadist.
Bumi ini milik kita bersama,,dan qt memiliki kbebasan dalam memilih spt apa aturan yang baik mnrt qt,,bagi mrk yang bertentangan dg kepercayaan kita,biarkan mereka memilih dan mecari pemahaman dan kebenaran dr apa yang mrk percaya,,sesungguh@ hanya اَللّهُ Swt sajalah yang maha pemberi hikmah.
انشـــــاءالله اَللّهُ ..

Anonymous said...

islam selalu mengaku ini itu nabinya tapi kok nabinya gak mengenal islam?>>>>Selalu Ngaku semua nabinya weleh2x...nabi ibrahim, musa dan yang lainnya ADALAH ORANG YAHUDI ASLI dan mereka sangat membenci org yang di luar bangsa mereka...Nabi Moh ngaku keturunan mereka berarti nabi MOh......ORANG YAHUDI???jadi selama ini islam memerangi nenek moyang mereka sendiri?...benar kata pepatah TONG KOSONG BUNYI NYARING.....mau statistik kek mau yang lainnya ujung ujung adam dan hawa yang nota bene juga yahudi........HIDUP YAHUDI HIDUP ISRAEL raja bangsa-bangsa

Translate it by Google Translator