09 March 2009

Gereja Katolik Luruskan Masalah Santo Valentine's


Katagori : Warta Berita
Oleh : Redaksi 17 Feb 2009 - 7:30 pm


CEO : St Valentine 'not saint of love'

Banyak remaja berdoa di Hari Valentine yang dikenal dalam tradisi Kristen. Karena sering salah sasaran, Gereja meluruskannya!

Gereja Katolik Roma Inggris menasihati orang lajang yang menginginkan hubungan asmara, yang selama ini diperingati dengan Valentine's Day (Hari Kasih Sayang) agar mengarahkan doa permintaan asmaranya pada 14 Februari kepasa kepada Santo Raphael, bukannya Santo Valentine. Selama ini banyak doa yang salah sasaran.

Menurut Gereja Katolik Inggris, bertahun-tahun, Santo Valentine telah keliru diasosiasikan dengan upaya mendapatkan cinta. Menurut kalangan gereja Roma Inggris, dia adalah Santo pelindung bagi mereka yang telah menemukan pasangan hidup mereka. Sedangkan, Santo Raphael adalah santo pelindung untuk hubungan yang bahagia dan dialah seharusnya menjadi tujuan permintaan dalam Hari Valentine.

Campur tangan

Clare Ward, jurubicara pada Catholic Enquiry Office (CEO), lembaga resmi penyedia informasi mengenai kehidupan Katolik, mengatakan, meski pembedaan di antara para santo selalu jelas di dalam Gereja, bertahun-tahun masalah itu menjadi samar di luar.

"Jika besok Anda masih mencari pasangan hidup, santo pelindung sebenarnya adalah Santo Raphael," kata Clare Ward.

"Dia orang yang tepat untuk Anda tujukan doa atau waktu Anda jika Anda mencari calon pasangan Anda," ujarnya.

Menurut legenda, Santo Raphael membantu Tobias menjadi pasangan hidup bagi Sarah, yang calon suaminya meninggal menjelang pernikahan mereka.

Dalam daftar para Santo Katolik, adalah Santo Raphael yang dikait-kaitkan dengan bantuan untuk menjalin hubungan asmara.

Santo Valentine dilaporkan menjadi martir di Roma pada tahun 269.

Meski riwayat patinya tidak jelas, Valetine diyakini memang ada, sebab para arkeolog telah menggalami gereja kuno yang dipersembahkan untuk seseorang dengan nama tersebut.

Salah satu teori menyatakan, dia adalah pendeta di Roma yang tetap menikahkan pasangan Kristen dengan melanggar ketentuan yang berlaku saat itu.

Menjelang eksekusi, dia dikatakan menandatangani pesan kepada putri orang yang memenjarakannya: "From your Valentine."

Mereka yang mengharapkan campurtangan tuhan untuk membantu kehidupan asmara mereka mungkin menghargai koreksi mengenai santo tujuan doa mereka.

"Ada banyak bukti yang mengindikasikan bahwa orang-orang muda yang mengikuti kelompok doa telah mendapatkan pasangan mereka," tambah Clare Ward. "Mereka yang telah menempuh jalur-jalur tradional seperti jasa perjodohan online semeSantoinya mencoba jaringan spiritual," katanya.

"Mengapa tidak mendatangi kelompok doa - ini mungkin malam keberuntungan Anda."

Tadisi Kristen

Sebagaimana diketahui, tradisi Valentine's Day (Hari Kasih Sayang) berasal dari tradisi Kristen kuno. Peringatan ini bermula ketika tahun 496 M Paus Gelasius I menjadikan upacara Romawi Kuno ini menjadi Hari Perayaan Gereja dengan nama Saint Valentine's Day untuk menghormati Santo Valentine yang kebetulan meninggal pada tanggal 14 Februari.

Kata Santa atau Santo sendiri berasal dari bahasa Latin 'sanctus', yang artinya "suci, kudus". Dengan kata lain, seorang santa atau santo adalah seorang yang sangat baik, penuh belas kasihan dan iman. Kalangan Kristen yakin, para Santo adalah seseorang yang telah berada di surga. Gereja mengangkat seorang Santo melalui suatu cara yang khusus, yaitu melalui suatu proses yang disebut "Kanonisasi". [bbc/cha/hidayatullah.com]

Baca : St Valentine 'not saint of love'

11 comments:

Anonymous said...

Ass.Wr, Wb
Untuk saudara saya kaum kristen cobalah disimak baik-baik kitab yang and jadikan sebagi panutan, saat ini sudah sat yang terkhir bagi ummat didunia sesungguhnya,"Nabi Isa" Mampunyai satu misi uantuk mengangkat manusia dari jaman kejahiliayhan, namun apa yang terjadi beiau malah ibunuh, dengan cara disalibkan, apakah itu benar ? jika benar dimana benar ? masa orang yang kita cintai, kita kasihi, kita biarkan ati tergnatung di kayu salib dan siapa yang menggantung itu sampai hari mendekati kiamat ini anda tidak pernah menemukan jawabannya, mengapa ? Kalian hanya bersenang-senng dibawah salibnya dngan meminum tuak, arak dan anggur, dan berpesta pora, kalau anda menjawab yang menggantung itu herodes, saya tanya lagi kog bisa tuhan ati di kayu salib ? dn membunuh koq bukannya setan tetapi manusia atau ummatnya sendiri, ini sangat janggal, beda kalau Nabi Isa itu mati dimakan harimau, ya berarti harimau tidak berperi kebinatangan, tapi yang membunuh adalah umatnya sendii, yang tidk senng dengan beliau, ini satu ayat dari Alquran yang berbunyi : Sesungguhnya ora-orang yang membuh=nuh par nabi yang memang tidak dibenarkan dan mebunuh orang yang ingin berbuat adil katakan kepadmereka akan SAYA azab seperti firaun", Anda, Saya, Kami kita semu kepingin kembali kepada Allah dan bertemu dengan dia disurga,alkitab yang saudara ku ikuti bukan dari sisi TUHAN ALLAH tetapi dari sisi manusia yang embunuh nabi ISA, Ingat Yang membunuh Nabi ISA, itulah keturunan mereka yang sekarng ini berkuasa, carilah Al-kitab yang benar, karena sesungguhnya Alkitab adalah bagian dari ISLAM, Bagian dari Agama ALLAH Bukan agama dazal makanya mari kita bermubahalah kepada Tuhan kita, Yaitu ALLAH, Isa tidk akan senang dengan anda tdk beritiar kepadanya, dn mengikuti kitab yang telah diputar balikan oleh orang yang anti Kristus, Kalau anda tahu orang yang anti kristus itulah orang yang menyalibkan Nabi ISA, dan keturunan mereka sampai sekarang masih berkeliaran di sekeliling kita. Terus terang Isa adalah nabiku juga, juga nabimu, jai marilah kita bermubahalah kepada Allah untuk menemukan satu itik yag terang, jangan kita mengiktui Israel, karena sesungguhnya israel itu orang yang menghianati Nabi ISA, jangan kita mengaku beriman ternyata di neraka, jangan kita berdiri pada satu sisi yang salah, ingat Nabipun di marahi oleh ALLAH apalagi kita, mintalah pertanggungjawaban kepada israel tentang ALKITAB yang ASLI, jangan mengikuti Amerika dan Israel, kaena setiap diri akan mempertanggungjawabkan dosa-masing-masing, Nabi Isa Nabi Muhammad, Nabi Musa mereka hanyalah pemberi petunjuk kepada kita semua, untu mengikuti jalan ALLAHjadi dalam hal ini saya mengakatan bahwa ahli kitabyang memutar balikakn kalimat allah itu dua manusia kita pakai logika, seandinya besok kita mati dan ternyata kita mengikuti orang yang salah apa daya kita ? la haula wala kuawata ila billah jangan mau kita dibodohi, di bohongi oleh orang yang anti krist, sekian

Anonymous said...

Setidaknya lebih baik daripada mengikuti Nabi yang pembunuh....

Anonymous said...

ya elah...

dewasakan lah pemikiran anda sekalian teman2..

saya salut sama saudara kita yang muslim ini yang sudah menyalurkan pemikirannya..tapi ya semua yang anda katakan jg tidak 100% benar..

saya sangat kecewa masih ada orang yang menghina nabi agama lain..
baca-baca sejarah agama-agama dulu bro..nanti pasti anda akan mengerti..

terus
buat artikelnya sendiri sih
"keren jg"..

thx

Anonymous said...

Marilah kita lebih melihat kesamaan, bukan perbedaan. Karena ketika kita menekankan perbedaan maka akan menimbulkan perdebatan dan perdebatan adalah awal dari kekerasan. marilah kita akhiri semua sikap benci dan perdebatan dan lebih melihat persamaan antara kristen dan islam. Bukannya kita sama-sama percaya Allah, kenapa masih berdebat. Dengan dasar sama2 percaya Allah, itu sudah menjadi dasar yg kuat untuk menjaga perdamain dunia dan persaudaraan. salam kasih. Tuhan memberkati

Anonymous said...

Marilah kita menghargai kebebasan beragam satu sama lain, karena memilih agama adalah hak asasi manusia. Dengan menjunjung tinggi perdamaian dan kasih. Kami (kristen) selalu berusaha untuk mengasihi semua orang tanpa memandang siapa dia bahkan musuh pun harus dikasihi karena itu adalah ajaran kasih dari Tuhan kami Yesus Kristus. mailah kita akhiri pertengkaran dan kita ciptakan kehidupan damai, bukankah hidup damai berdampingan adalah sangat menyenangkan saudara2. Salam kasih, Tuhan Yesus memberkati

Anonymous said...

Wah itu namanya bukan pernyataan. Beragama bukan berarti menyombongkan agama masing2. Bukan berarti mensucikan agama sendiri dihadapan publik. Apa guna nya menyatakan diri sebagai kaum mayoritas jika "menghargai"/"menghormati" saja belum Paham benar.Bukan anda/saya/siapapunlah yg pantas mengatur bagaimana agama yg benar. SEMUA AGAMA SAMA BAIK NYA,selama agama itu meyakini Allah.Maka INTI nya hidup itu jadi manusia yang BAIK, Bukan meng-angkuh kan apa yg dipercaya. Ingat bro, anda, saya, dan semua org cuma MANUSIA BIASA. Tuhan cuma satu, hanya saja bagaimana kita meyakini nya. sekali lagi saya kurang setuju dengan sikap saudara yg mayoritas menyikapi segala hal kristiani. .Hrus rajin2 bca artikel/buku sjrh,dll dong sebelum berpendapat begitu. Ingat, hal yg besar dan SELALU BANYAK PEMBUKTIAN2 DI JAMAN SKRG BELUM TENTU hal yg BENAR&wajib dipercaya.. PELAJARI LEBIH BAIK dgn HATI. Bukan dgn emosi belaka.Perbedaan disikapi dgn Kesamaan.Tuhan sedih ketika umat-Nya mendiskriminasi satu sama lain

Anonymous said...

Yg koment pertama .....sbnernya setiap org kristen bs jwab pertanyaan anda..tp sebagian besar kami mugkin "jenuh" prtnyaan yg di ulang2 trs...di jelaskan trsan....tp nanti klwr lg ...prtnyaan sprt i2....y yg pnting blik lg ''''...hormati kepercayaan org lain..biar ttp damai negar ini..bosen liat org hinaa2an mslh ke gni...

Anonymous said...

Coment 1@ org anti kris i2 ya slh satunya sprt anda....satanic/zionis/islam....mereka i2 anti krist....dan yg menggantung Yesus di kayu salib km sudah tau adalah tntara romawi atas keinginan bagsa yahudi...dan kami bukanlah org yg suka melihat org laen menderirlta dan mati ....kami hanya senang bhw dosa kmi tlah di byar oleh Allah sendiri melalui darah Yesus....org kristen berbahagia krn mengikut yesus..memikul salib dgn di tentang dan dihina oleh org 2 spt anda....itulah prbedaan km dgn anda...logika anda hnya brdasarkan hal2 scra harafiah...tp km mengikut Tuhan YEsus dgn hati km ..kerelaan,suka cita,.....lg pula logika org kristen i2 di dalam Tuhan .....sy jg bingung dgn prtnyaan anda kan agama anda tdk pcy bhwa Isa mati...trs knp anda msh nanya....hehe

Maria Magdalena Indah Aprilyani said...

Semua agama baik dan benar.
Orang nya lah yg menjalani banyak yg tidak baik dan tidak benar.

Please think smart.

Maria Magdalena Indah Aprilyani said...

Semua agama baik dan benar.
Orang nya lah yg menjalani banyak yg tidak baik dan tidak benar.

Please think smart.

eddie shine lopez said...

Selagi kita tidak pernah berpikir positif, kita akan selalu mengatakan orang lain salah.
Kalau dengan beragama, kita saling membunuh lebih baik kita tidak beragama.
kalau agama di dunia ini menjadi penghalang bagi kedamaian, ketentraman dan terutama keselamatan manusia, lebih baik agama di muka bumi ini dihapuskan. KATOLIK, ISLAM, KRISTEN, HINDU, BUDHA DAN KEPERCAYAAN TERHADAP TUHAN YANG MAHA ESA menjadi penyebab utama manusia membunuh manusia, lebih baik kita menganut paham komunis/humanis. Mengapa saya katakan demikian??? karena fenomen-fenomen yang terjadi sekarang ini menunjukkan hal demikian, bahwa agama adalah salah satu faktor terbesar yang membuat wajah dunia ini berubah dari yang baik menjadi yang buruk. Sekarang ini, sangatlah jelas bahwa agama bukan lagi suatu wadah penyaluran IMAN MANUSIA akan YANG ILAHI tetapi lebih menjurus kepada suatu wadah penyaluran KESERAKAHAN MANUSIA.
Agama saat ini dijadikan TAMENG untuk kebaikan.
Saya berani mengatakan bahwa sekarang ini Dunia sedang dilanda kemerosotan moral yang sangat memilukan. Apakah ini adalah tanda-tanda dari kepunahan RAS MANUSIA???
Jawabannya: “Ya” kalau kita bangsa manusia ini tidak mau sadar akan gejala ini… Dalam hitungan detik saja RAS MANUSIA
akan musnah oleh KEJAHATAN.
“Tidak” kalau kita bangsa manusia mau membuka diri dan menyadari semuanya ini sebelum terlambat. Kuasa
Si JAHAT sedang memainkan peranannya untuk menghancurkan RAS MANUSIA dan berusaha
mempermalukan ALLAH, dengan cara membuat manusia yang adalah ciptaan ALLAH ini memberontak
melawan ALLAH.
bagaimana cara kita melawan ALLAH:
1. Kita tahu bahwa Allah menciptakan manusia untuk menguasai dunia ini untuk dikembangkan bukan untuk dimusnahkan.
Nah, ketika kita menghancurkan dunia ini beserta seluruh isinya, disitulah kita telah melawan ALLAH dan al-hasil Si JAHAT
akan menghina ALLAH karena manusia hasil ciptaan ALLAH berhianat kepada ALLAH.
Si JAHAT merebut kembali kemenangan yang selama ini telah diambil oleh ALLAH dari padanya.
2. Manusia adalah Mahkota dari ciptaan ALLAH. itu makanya kita manusia ini sangat istimewa di mata ALLAH. Dan dari sini
saja kita harus berbangga karena tidak ada satu makhluk di alam semesta ini yang “sempurna” seperti kita. Sempurna
dalam artian kita diciptakan punya TUBUH, JIWA dan ROH.
Coba kita lihat makluk-makluk lainnya, “mereka” tidak seperti kita.. termasuk Si JAHAT..itu makanya mereka semua
menaruh IRI dan DENGKI kepada kita manusia.. Nahh, bagaimana makluk-makluk lain ini terutama Si JAHAT/SETAN ini
mau menghancurkan kita MANUSIA??? jawabannya: dengan cara mengadu domba kita manusia agar saling bermusuhan
yang berujung pada pemusnahan RAS MANUSIA.
Ketika manusia menghancurkan RAS MANUSIA, saat itulah keinginan Si JAHAT itu terpenuhi dan kemenangan berada di
pihak si JAHAT. Dengan demikian ALLAH sangat dihinakan oleh Si JAHAT dengan memakai TAMENG manusia.. itu berarti
MANUSIA YANG ADALAH CIPTAAN ALLAH YANG HARUS TUNDUK KEPADA ALLAH, BERHIANAT DAN BERSEKUTU
DENGAN SI JAHAT UNTUK MELAWAN ALLAH.

Translate it by Google Translator